Home BANTEN Pengurus RT di Penyairan Aktif Bersihkan Kampung

Pengurus RT di Penyairan Aktif Bersihkan Kampung

0
SHARE

LEBAKWANGI – Peran pengurus lingkungan menjadikan perkampungan bersih dan aman sangat penting. Pengurus RT dan RW harus memberikan contoh kepada warganya. Dengan begitu, akan mudah menggerakkan warga bergotong royong.

Hal itu yang menjadi dasar Pemerintah Desa Kebonratu, Kecamatan Lebakwangi, menunjuk Kampung Penyairan mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Ketua RT 05 RW 03 di kampung itu dinilai aktif bersama warganya menjaga kebersihan dan keamanan lingkungannya.

“Alasan kita tunjuk Kampung Penyairan ini karena Pak Jamani selaku ketua RT 05 RW 03 selalu tanggap di setiap kegiatan-kegiatan yang ada di kampungnya. Pak RT (menyebut Jamani-red) juga sangat proaktif mengajak warganya bergotong royong menyapu jalan gang dan halaman rumah warga. Warga pun tergerak untuk melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan,” ungkap Kepala Desa Kebonratu Sam’un HS, saat ditemui jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten) di kantornya, Selasa (1/10).

Sam’un menjelaskan, lingkungan RT 05 RW 03, Kampung Penyairan, yang dianggap sudah cukup bersih dan tertata juga menjadi pertimbangan pihaknya memilih perkampungan tersebut mengikuti perlombaan.

“Di kampung ini juga ada perajin lampion dan lampu hias dari bambu dan tripleks,” terangnya.

Potensi lain di kampung ini, tambah Sam’un, adalah pemanfaatan air limbah rumah tangga untuk mengairi persawahan. “Pengelolaan air limbah tanpa paralon ini, limbah air rumah tangga tidak ada yang berceceran dan menyebabkan bau tidak sedap,” ujarnya.

Namun, Sam’un mengakui, pengelolaan sampah belum sebaik pengelolaan air limbah rumah tangga di Penyairan. Di kampung tersebut, warga masih membakar sampah di tempat penampungan sementara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here