Home BANTEN Penataan Kampung Ciriung Memudahkan Akses Wisata

Penataan Kampung Ciriung Memudahkan Akses Wisata

0
SHARE

CINANGKA –Pemerintah Desa Bantarwaru, Kecamatan Cinangka, punya dua misi mengikutkan RW 04, kampung Ciriung, pada Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran warga menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. Penataan kampung itu juga untuk menopang akses menuju tempat wisata Bukit Waruwangi.

Sekretaris Desa Bantarwaru Jumhur membenarkan hal itu. Pemerintah Desa Bantarwaru berencana menata lingkungan dengan merapikan pagar bambu dengan cat. Pagar bambu yang akan dicat itu berada di setiap rumah di pinggir jalan menuju Bukit Waruwangi.

Pihak desa dan warga Ciriung, lanjut Jumhur, juga berencana mendirikan gapura, membuat tempat sampah, dan menempatkan tanaman hias atau bunga dalam pot.

“Sejauh ini, untuk ikut lomba, kita baru sebatas perencanaan. Penataan kebersihan lingkungan belum kita lakukan. Kita akan melakukan sosialisasi penataan kampung ke warga melalui pengurus RW,” katanya kepada jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten), Minggu (29/9).

“Kita juga ingin mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Sehingga, keberhasilan warga Ciriung dalam menata kampungnya bersih dan sehat dapat dicontoh oleh kampung-kampung lain di Bantarwaru,” tambah Jumhur.

Sementara itu, Ketua RW 04, Kampung Ciriung, Subkhi Kudus Kasmani menyambut baik penujukan kampungnya untuk mengikuti perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu. Ia berharap, kampungya lebih maju.

“Setiap satu minggu sekali, warga Ciriung gotong royong membersihkan kampung. Untuk keamanannya, pihak RW melalui RT sudah memberlakukan aturan tamu wajib lapor 1×24 jam. Setiap warga dari luar Ciriung yang tinggal menginap juga wajib lapor. Kami juga membatasi tamu warga hingga maksimal jam sepuluh malam,” terangnya. (jay/ang/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here