Home BANTEN Bersih dan Aman, Inti Penataan Lingkungan di Pangawinan

Bersih dan Aman, Inti Penataan Lingkungan di Pangawinan

0
SHARE

BANDUNG – Pemerintah Desa Pangawinan, Kecamatan Bandung, mengutamakan kebersihan dan keamanan lingkungan di RW 001, Kampung Pangawinan. Langkah berikutnya, baru penghijauan. Strategi itu untuk menyukseskan Kampung Pangawinan pada Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

“Kita ke lingkup yang inti dulu (kebersihan dan keamanan lingkungan-red). Ke depan, kita harus ada penghijauan juga,” tegas Kepala Desa Pangawinan Mas’ud kepada Radar Banten, Senin (30/9).

Strategi Pemerintah Desa Pangawinan itu, diyakini Mas’ud, bakal mudah dilakukan. Soalnya, warga Pangawinan tergolong kompak dan memahami pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. Mas’ud pun mudah melakukan pengawasan karena perkampungannya dekat dengan kantor desa.

Alhamdulillah, di sini (Kampung Pangawinan-red) lingkungan warganya masih guyub dan memahami kebersihan dan keamanan lingkungan,” katanya.

Lebih lanjut, Mas’ud menjelaskan, langkah persiapan yang dilakukannya adalah mengajak warga Pangawinan meningkatkan kebersihan lingkungan melalui kegiatan gotong royong. Di kampung itu, gotong royong diakui masih menjadi tradisi. Setiap bulan atau dua pekan sekali, warga rutin bergotong royong.

“Intinya, mengimbau kebersihan sebagian dari iman. Gotong royong, alhamdulillah masih berjalan,” jelasnya.

Mas’ud mengakui pengelolaan sampah di perkampungan tersebut masih diserahkan ke tiap warga. Ada sebagian warga yang telah menyediakan bak sampah dari tembok bata dan plastik bekas cat.

“Memang (sampah-red) belum diangkut. Masih dibakar di sekitar lingkungan (rumah warga-red),” tuturnya. “Kalau ronda, masih ada jadwal. Digerakkan sama masing-masing RT untuk tiap-tiap kampung. Kalau di Pangawinan, (siskamling-red) berjalan. Ada pos rondanya di bagian pertengahan kampung,” sambung Mas’ud.

Senada dikatakan Sekretaris Desa Pangawinan Sanwani. Secara umum, ia mengatakan, keamanan lingkungan di Pangawinan cukup kondusif. “Alhamdulillah aman di sini mah. Ya itu, ronda berjalan tiap malam,” tandasnya saat mendampingi Mas’ud. (fdr/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here