Home TANGERANG HUB Disdukcapil Siapkan Mesin Anjungan KIA

Disdukcapil Siapkan Mesin Anjungan KIA

0
SHARE
ANTRI: Warga mengantre saat membuat KIA. Tahun depan Disdukcapil akan mengadakan mesin Anjungan KIA. FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG- Untuk mempermudah masyarakat membuat Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang berencana menyiapkan mesin anjungan KIA.

Mesin anjungan KIA tersebut bisa mencetak KIA secara langsung. Hanya menggunakan petunjuk, masyarakat bisa membuat KIA di mesin Anjungan KIA yang akan ada di setiap mal di Kota Tangerang.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Erlan Rusnarlan mengatakan, kedepan Disdukcapil akan menydiakan alat yang bernama mesin Anjungan KIA. Dimana, masyarakat tinggal datang dan mengikuti petunjuk bisa langsung membuat KIA sendiri tanpa harus antre dan menunggu.

“Mesin ini akan kita adakan tahun depan, tetapi di tahun ini kita juga aka mengadakan satu alat yang akan disediakan di kantor Disdukcapil sebagai uji coba, jika berhasil maka akan disediakan per Kecamatan,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di ruang kerjanya, Selasa (1/10).

Erlan menambahkan, pengadaan mesin Anjungan KIA rencananya akan diadakan pada anggaran murni mendatang. Tetapi di ABT tahun ini ada anggarannya untuk satu unit yang nantinya akan ada di Kantor Disdukcapil Kota Tangerang.

“Kalau di anggaran murni, insya Allah akan kami siapkan disetiap kecamatan dan juga mal yang ada di Kota Tangerang. Jadi masyarakat tidak perlu ke kantor Kecamatan ataupun ke Kantor Disdukcapil untuk membuat KIA, tinggal datang ke mesin Anjungan KIA mereka bisa sendiri,”paparnya.

Ia menjelaskan, untuk mesin Anjungan KIA sudah ada di Kota Bandung dan juga Tangerang Selatan. Tetapi untuk di Tangerang Selatan masih ada petugas yang menjaga, sedangkan di Kota Bandung mesin tersebut dijalankan tanpa ada petugas.

“Kita inginnya tidak ada petugas, seperti layaknya mesin ATM. Kalau ada petugas kasian mereka harus berjaga, kalau tidak ada maka kapan pun masyarakat bisa sendiri membuat KIA,”ungkapnya.

Ketika ditanya jumlah masyarakat yang membuat KIA, Kata Erlan, ada sekitar 30 persen dari 400 ribu lebih masyarakat yang ada di Kota Tangerang. Bahkan pembuatan KIA telah menjadi priortas ketika masyarakat mengajukan akte dan juga pembuatan kartu keluarga.

“Kita sudah mencapai 30 persen, karena setiap masyarakat membuat akte lahir ataupun Kartu Keluarga langsung kita buatkan KIA untuk anak-anak. Bahkan setiap kecamatan juga sudah maksimal membuat KIA,”tutupnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here