Home BANTEN Pagar Bambu Warna-warni di Ciruntengirang

Pagar Bambu Warna-warni di Ciruntengirang

0
SHARE

ANYAR – Kini, lingkungan RW 03, Kampung Ciruntengirang, Desa Bandulu, Kecamatan Anyar, lebih berwarna. Pagar bambu telah dipasang di pinggir jalan lingkungan sepanjang 300 meter di perkampungan itu.

Pagar bambu tersebut tak hanya dicat. Keberadaannya membuat perkampungan itu terlihat semakin rapi.

Minggu (6/10) siang, Radar Banten mengunjungi Kampung Ciruntengirang ketika warga bergotong royong membersihkan lingkungan. Mereka tersebar di beberapa lokasi. Ada yang mengambil bambu di kebun lalu membuatnya menjadi pagar. Ada yang yang membangun pos ronda. Dan, ada yang membersihkan lingkungan kampung mereka. Warga Cirunten Girang kompak dan antusias mempersiapkan kampungnya mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Menurut Ketua RT 02 RW 03, Kampung Ciruntengirang, Abdul Muflih, penataan kampungnya dilakukan dari hasil swadaya warga. Bambu diambil dari kebun milik warga. Pun demikian dengan pengadaan catnya. Warga Ciruntengirang iuran.

Proses pembuatan pagar dilakukan siang hari setiap hari Jumat dan Minggu. Pengecatannya dilakukan setiap malam hari. “Pagar bambu kita cat warna-warni supaya suasana kampung lebih meriah,” kata Muflih kepada Radar Banten.

Ia menjelaskan, persiapan mengikuti perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu dilakukan warga Ciruntengirang sejak September lalu. Saat ini, proses pemagaran dan pengecatannya sudah 70 persen. “Seminggu lagi, insya Allah, beres,” ungkapnya.

Rampung mengecat pagar, tutur Muflih, warga dan pengurus lingkungan berencana mewarnai jalan lingkungan di Ciruntengirang dengan lukisan binatang dan tokoh-tokoh kartun. “Pengerjaan gambar jalan kita lakukan hari Minggu (13/10) nanti,” ungkapnya.

Ketua RT 01 RW 03, Kampung Ciruntengirang, Nurman menambahkan, pihaknya juga sudah membangun tempat pembuangan sampah (TPS). Saat ini, baru terbangun satu TPS. Pengurus lingkungan di kampung ini akan menambah tiga TPS lagi di setiap gang.

“Siskamling dan TPS sudah. Tinggal bentuk kelompok pemuda sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan,” ungkapnya.

Nurman optimistis, Ciruntengirang bakal meraih hasil maksimal. “Insya Allah, kita bakal juara biar kampung tambah bagus,” pungkasnya. (mg06/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here