Home TANGERANG HUB Kampung ATM Manfaatkan Barang Bekas

Kampung ATM Manfaatkan Barang Bekas

0
SHARE
TERANG: Miniatur taman elektrik digunakan warga Kampung ATM untuk berswafoto, Sabtu (12/10) malam. FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Barang bekas jangan dibuang, karena bisa dimanfaatkan. Seperti yang dilakukan warga Kampung ATM di Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh, yang mendaur ulang barang bekas.

Bahkan, warga kampung ini mengubah  lingkungan kumuh menjadi lingkungan lebih nyaman dan bersih. Barang-barang bekas yang tidak digunakan seperti kaset CD, jam dinding serta televisi rusak diubah menjadi asesoris untuk berswafoto.

Camat Cipondoh Rizal Ridhollah mengatakan, keistimewaan di Kampung ATM sama seperti kampung tematik lainnya. Kampung ini hasil kerja keras dan semangat masyarakat mengubah tempat tinggalnya.

“Untuk kampung ATM sedikit berbeda dengan kampung tematik yang ada. Barang bekas dikumpulkan menjadi hasil karya yang luar biasa. Salah satunya kaset CD untuk properti spot swafoto,”ujarnya usai membuka Cluninary Night di Kampung ATM, Sabtu (12/10).

Rizal menambahkan, semangat membuat kampung tematik di Kecamatan Cipondoh inisiatif warga untuk mengubah kampung yang kumuh menjadi kampung yang bersih dan nyaman.

“Kampung tematik bukan dorongan dari saya, melainkan memang masyarakat sendiri yang mau untuk mengubahnya. Kami hanya mendukung apa yang menjadi kreativitas warga, seperti Culinary Night yang mereka yang gagas,”paparnya.

Penggagas Kampung ATM Suparno menjelaskan, ini berawal dari keperihatinan lingkungan tidak bersih. Dari situ, masyarakat mulai berbenah dan mengeluarkan ide untuk membangun kampung tematik.

“Awalnya dulu kumuh, saya mencoba mencari ide mengubahnya. Mulai dari membabat alang-alang, mengumpulkan barang bekas untuk digunakan lagi. Dari situ warga mulai bergerak menjadikan sebuah kampung tematik,”ungkapnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here