Home TANGERANG HUB Pemuda Harus Mau Bekerja Keras dan Tak Mudah Menyerah

Pemuda Harus Mau Bekerja Keras dan Tak Mudah Menyerah

0
SHARE
Bupati A. Zaki Iskandar (kiri) dan Wakil Bupati Mad Romli usai memperingati Hari Sumpah Pemuda.

TIGARAKSA – Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91. Usai membacakan sambutan Menpora, Zaki memberikan motivasi kepada pemuda dan pelajar se-Kabupaten Tangerang yang menjadi peserta upacara di Lapangan Mualana Yudhanegara, Senin (28/10).

Menurut Zaki, pemuda hari ini identik dengan sebutan generasi milenial. Generasi yang lahir awal abad 21 dan akrab dengan perangkat smartphone. Ia menyarankan, generasi milenial menjadi pemuda yang mandiri dan berinovasi. “Pemuda itu mau bekerja keras, mau usaha, mau berkembang untuk diri maupun lingkungan, tidak mudah menyerah dan tidak mudah putus asa,” tegasnya. Ia mengungkapkan, pemuda milenial tidak termakan oleh kemajuan teknologi sehingga melupakan sejarah dan budaya daerah maupun bangsa sendiri. Sehingga, identitas sebagai bangsa yang besar dan kaya akan budaya dapat tetap terjaga dan tidak punah akibat kemajuan zaman.

“Pemuda milenial harus tetap berpegang kepada adat budaya tradisi bangsa Indonesia. Di mana bangsa kita dikaruniai luar biasa keragaman baik itu suku, budaya dan juga tradisi. Dan ini menjadi suatu kekuatan kita,” tegasnya. Lanjutnya, seiring mudahnya akses terhadap informasi, maka dibutuhkan peran pemuda yang dapat meluruskan informasi yang belum tentu kebenarannya. “Maka sumpah pemuda, landasan ideologi, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan Undang Undang Dasar 1945 (UUD’45), merupakan suatu perekat dan komitmen para pendahulu. Semuanya harus dipegang oleh para pemuda di masa sekarang,” jelasnya.

Zaki mengungkapkan, kemajuan teknologi seperti pisau bermata dua. Ada nilai negatif dan positif. Ia mengimbau, pemuda di Kabupaten Tangerang dapat secara bijak memanfaatkan kemajuan teknologi. Sehingga, kemajuan teknologi tidak membuat bangsa terpecah belah. Upacara tersebut diikuti unsur TNI, Polri, aparatur sipil negara (ASN), organisasi kepemudaan serta perwakilan pelajar di Kabupaten Tangerang. Selain upacara, peringatan sumpah pemuda juga diberikanpenghargaan kepada pemuda dan pelajar berprestasi di Kabupaten Tangerang. Mulai dari perlombaan kemah bakti dan tata upacara bendera. Serta, pemberian bantuan sepatu sekolah bagi pelajar di Kecamatan Gunungkaler sebanyak 100 pasang sepatu.

Zaki menambahkan, di tangan pemuda kreatif dan mandiri bangsa Indonesia dapat menjadi negara maju di dunia. Serta, memiliki karakter tangguh, bermoral, beriman dan etos kerja yang tinggi. “Hanya dengan persatuan kita bisa memajukan bangsa, Di tangan pemuda Indonesia maju. Pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” tegasnya. (mg-10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here