Home BANTEN Ada Gang Hijau dan Gang Pucuk Merah di Bukit Pelamunan Permai

Ada Gang Hijau dan Gang Pucuk Merah di Bukit Pelamunan Permai

0
SHARE

KRAMATWATU – Dua gang di RW 03, Perumahan Bukit Pelamunan Permai, Desa Pelamunan, Kecamatan Kramatwatu, dijadikan andalan warganya pada Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019. Mereka menamakannya gang hijau dan gang pucuk merah. Persiapan warga menata lingkungannya menghadapi penilaian pada 5 November tinggal sepuluh persen lagi.

Gang hijau di Bukit Pelamunan Permai bisa ditemukan di Blok C gang 6. Gang itu mudah dikenali. Ada gapura dengan cat hijau di depan gang. Pada bagian atas gapura terdapat tulisan ‘Hijau Gangnya Akur Warganya’.

Di kanan dan kiri sepanjang gang itu berderet tanaman hias di dalam pot. Lalu, pada badan jalan gang dengan konstruksi paving block juga terdapat lis warna hijau. “Gang hijau ini tercipta dari kreasi dan swadaya warga,” jelas Ketua RT 14 RW 03, Bukit Pelamunan Permai, Abu Bakar kepada Radar Banten, Selasa (29/10).

Menurutnya, lingkungan Blok C 6 tersebut sebelumnya gersang. Namun, sejak ada LKBA Kabupaten Serang 2019, warga berkreasi menanam tanaman hias dan mengecat jalan gang. Pengecatan mulai dilakukan warga sejak Agustus 2019. “Alhamdulillah, warga kompak,” kata Abu Bakar.

Sementara, di Blok G gang 2, berjejer rapi pohon pucuk merah. Ada 100 pohon pucuk merah ditanam warga di kanan dan kiri gang sepanjang 100 meter tersebut. Pohon tersebut dipilih warga sebagai penghijauan dan hiasan lingkungannya. Pohon itu pula yang membuat warga menamakan gang tersebut gang pucuk merah. “Kalau pucuknya sudah memerah, wah, bakal bagus banget suasanya di sini,” tutur Abu Bakar saat menunjukkan gang pucuk merah.

Hampir di depan setiap rumah warga di gang 2 juga telah tersedia bak penampungan sampah. “Sudah lengkap dan siap memberikan hasil maksimal. Tinggal mengecat pos ronda dan jalan gang,” jelas Abu Bakar.

Ketua RW 03, Bukit Pelamunan Permai, Wairso menambahkan, pengurus lingkungan juga memiliki program kebersihan, kerapian, dan keindahan (K-3). Program itu upaya warga menyukseskan lingkungannya pada LKBA Kabupaten Serang 2019. “Program K-3 kami jadikan acuan untuk kesuksesan BPP (Bukit Pelamunan Permai-red) di lomba ini,” pungkasnya. (mg06/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here