Home BANTEN Warga Saninten Punya Bak Sampah Permanen

Warga Saninten Punya Bak Sampah Permanen

0
SHARE

BANDUNG – Lingkungan RT 02 RW 001, Kampung Saninten, Desa Malabar, Kecamatan Bandung, telah dilengkapi bak penampungan sampah sementara. Fasilitas pengelolaan sampah itu dibangun warga juga untuk persiapan menjadi peserta Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019.

Pantauan Radar Banten, Selasa (29/10), bak penampungan sampah sementara itu permanen. Bangunan dari batu bata yang ditutup campuran semen tersebut telah dicat warna merah, biru, dan hijau. Warga menuliskan ‘Tempat Sampah’ dengan cat hitam di bagian depan tembok bangunan dengan lebar sekira 1,5 meter, panjang sekira dua meter, dan tinggi 50 sentimeter itu. Bak penampungan sampah sementara itu dibangun di atas lahan kosong yang sebelumnya juga difungsikan oleh warga sebagai tempat sampah.

Ketua RT 02 RW 001, Kampung Saninten, Sunata menjelaskan, pembuatan bak penampungan pembuangan sampah sementara itu dilakukan secara gotong royong oleh warga dan Pemerintah Desa Malabar. “Bak sampah sudah dibuat. Sengaja dicat warna-warni biar menarik,” ujarnya.

Pengerjaan bak penampungan sampah sementara ini, menurut Sunata, didahulukan dibanding kegiatan penataan lingkungan Saninten lainnya. Tujuannya, agar sampah dari warga bisa segera dibakar. Sisa pembakaran sampah kemudian dibuang ke tempat pembuangan sampah di ujung kampung.

“Di sini (Kampung Saninten-red), (sampah-red) dibakar. Baru setelah itu dibuang ke lahan kosong di ujung kampung menggunakan gerobak,” jelas Sunata.

Sebagian warga Saninten, lanjut Sunata, juga telah membuat pagar di depan rumahnya. Pagar itu dari bambu setinggi satu meter. “Pemagaran baru sebagian. Tadinya mau ukuran 75 sentimeter, tapi hasil musyawarah warga, jadinya satu meter,” ujarnya.

Sunata mengaku, dalam waktu dekat, kegiatan penataan kampung seperti perbaikan pos ronda, penyelesaian pemagaran rumah warga, dan lainnya akan dilanjutkan. Ia berharap, warga tetap menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan walaupun tidak ada lomba.

Di ruang kerjanya, Kepala Desa Malabar Mohamad Yunus mengaku, warga Saninten antusias menyambut LKBA Kabupaten Serang 2019. “Minggu-Minggu ini kita rampungkan penataan. Alhamdulillah, warga antusias,” katanya. (fdr/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here