Home BANTEN Kebun Mini di Pekarangan Rumah Warga Kadupugur

Kebun Mini di Pekarangan Rumah Warga Kadupugur

0
SHARE

CIKEUSAL – Kini, ada kebun mini di tiap halaman rumah warga RT 07 dan RT 08 di RW 02, Kampung Kadupugur, Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal. Keberadaannya, komitmen warga mendukung lingkungannya menyukseskan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019.

Kepala Desa Sukaratu Irman Supriatman mengatakan, warganya tak hanya menata kebersihan dan keamanan lingkungannya saja. “Warga menyulap halaman rumah masing-masing menjadi kebun mini. Tanamannya variatif. Terong, cabai, tomat, anggur, bahkan stroberi,” ujar Irman kepada Banten TV (grup Radar Banten) saat ditemui di kantornya, Rabu (30/10).

Menurutnya, kebun mini dibuat warga agar lingkungan Kadupugur segar dan asri. “Adanya kebun mini, kita mengajak warga untuk bercocok tanam. Sehingga, hasil perkebunan mereka bisa dinikmati warga untuk dijual atau dikonsumsi sendiri,” terangnya.

Warga Kadupugur juga mempercantik lingkungan rumahnya dengan pagar bambu. Pagar ini tak hanya agar perkampungan mereka tampah lebih rapi. Akan tetapi juga berfungsi untuk melindungi kebun mini mereka dari hewan ternak.

“Warga juga menghias kampungnya dengan gapura dan petunjuk arah,” tambah Irman.

Warga dan pengurus lingkungan, lanjut Irman, tidak mengabaikan lingkungan kampung. Mereka menanam bunga di beberapa sudut kampung. Dalam waktu dekat, warga juga disebutkan akan membuat swafoto.

“Ke depan, sampah-sampah di Kadupugur juga akan kita daur ulang untuk dijadikan kompos untuk sampah organik, dan sampah non organik didaur ulang menjadi kerajinan,” ungkap Irman.

Irman pun berencana menerbitkan surat keputusan tentang pembentukan kelompok sadar lingkungan di Desa Sukaratu. “Unsur kelompok sadar lingkungan ini dari tokoh perempuan, tokoh pemuda, masyarakat, serta pengurus RT dan RW. Untuk teknisnya, akan dirapatkan dengan masyarakat dan perangkat desa,” tambahnya.

Suntinah, warga RT 07 RW 02, Kampung Kadupugur, sangat mendukung lingkungannya ikut LKBA Kabupaten Serang 2019. Suntinah dan ibu-ibu lain di lingkungannya, setiap hari, rutin membersihkan lingkungan rumahnya. “Kami berkomitmen menjaga lingkungan agar bersih dan aman,” ucapnya. (jay/ang/don)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here