Home TANGERANG HUB Padang Tiru Pelayanan Tangsel

Padang Tiru Pelayanan Tangsel

0
SHARE
RAMAH TAMAH: Kadisdukcapil Kota Padang, Puji Susilawati (dua dari kanan) berbincang dengan para pejabat Disdukcapil Kota Tangsel saat kunjungan kerja ke Kota Tangsel, kemarin.

SERPONG-Kesuksesan pelayanan administrasi kependudukan di Kota Tangsel sudah diakui oleh berbagai pihak. Termasuk kota dan kabupaten lain. Karena itu tidak jarang, Tangsel menerima kunjungan dari kota dan kabupaten lain.

Kali ini giliran Kota Padang yang melakukan kunjungan kepada Kota Tangsel.

Untuk melihat dan meninjau langsung bagaimana proses pelayanan yang dilakukan oleh Kota Tangsel terhadap masyarakat.

Kadisdukcapil Kota Padang Puji Susilawati menjelaskan bahwa setiap daerah memiliki kewenangan dan kebijakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan, Tangsel merupakan salah satu kota yang memiliki kebijakan pelayanan yang paling baik.

“Kalau regulasi sudah sama seluruh Indonesia. Yang berbeda kan pelayanannya itu yang kami diskusikan hari ini,” ujar Puji saat ditemui di tengah-tengah kunjungan.

Dia juga menyampaikan bahwa Tangsel memiliki kebijakan yang mempermudah masyarakat. Misalnya dengan mengandalkan teknologi dalam proses pencatatatn sipil. Kemudian juga memiliki banyak  inovasi agar masyarakat bisa sadar dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Seperti halnya pelayanan online, pelayanan ini belum dilakukan di Kota Padang, untuk itu pihaknya belajar bagaimana menerapkan pelayanan online ini.

Lalu kerja sama dengan pihak swasta dalam pemanfaatan data kependudukan maupun terkait kegiatan Kartu Identitas Anak (KIA), dimana kerja sama swasta memberikan benefit untuk pemilik kartu KIA ini. Atau membangun motivasi agar masyarakat bisa mencatat kematian anggota keluarga. Dengan pelayanan satu hari di setiap kelurahan yang ada.

Dengan melakukan kunjungan ini, pihaknya bisa belajar dan menerapkan apa yang sudah dilakukan di Disdukcapil Tangsel bisa dilakukan di Kota Padang.

“Banyak ide dan inovasi yang bisa kita lakukan seperti pelayanan online, kerjasama swasta dalam penerbitan KIA, karena untuk penerbitan KIA di Kota Padang pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan mengutamakan siswa kelas 6 Sekolah Dasar,” ungkapnya.

Kepala Bidang pengelolaan informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Tangsel, Yoyoh Rohaeti, mengungkapkan, Kota Padang merupakan kunjungan dinas ke-50 yang berkunjung ke Disdukcapil Tangsel. Kali ini Kota Padang ingin lebih tahu mengenai pelayanan online yang diterapkan disdukcapil tangsel, sehingga mengurangi jumlah kunjungan yang ada.

“Kepala Disdukcapil Kota Padang turun langsung untuk mengetahui inovasi yang ada di Disdukcapil, mereka sharing informasi yang diterapkan Tangsel sehingga bisa seperti saat ini,” ungkapnya. (mol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here