Home TANGERANG HUB Perikanan Jadi Potensi Desa Ketapang

Perikanan Jadi Potensi Desa Ketapang

0
SHARE
KUNJUNGAN: Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Desa Ketapang, Saderi (kiri) berdialog dengan Aswi, penambak ikan bandeng di Kampung Pelelangan RT 10/04, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Rabu (13/11). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

MAUK — Sektor laut dan perikanan merupakan salah satu sumber penghasilan warga Desa Ketapang, Kecamatan Mauk. Sebab di sebelah utara, geografis desa ini berbatasan dengan Laut Jawa. Nyaris setengah luas desa ini berupa lahan tambak ataupun empang.

Dengan demikian selain profesi nelayan, banyak warga berprofesi sebagai penambak di Desa Ketapang. Salah satunya adalah Aswi. Ia bekerja sebagai penambak di Kampung Pelelangan RT 10/04. Aswi dan penambak yang lain menerima upah dengan sistem persentase dari pemilik tambak ikan bandeng.

Aswi mengaku dirinya menerima persentase penghasilan sebesar 20 persen dari hasil penjualan ikan bandeng. Ikan hasil panen dijual bosnya ke tempat pelelangan ikan (TPI) di Kecamatan Mauk, Kronjo, Pakuhaji dan Teluknaga.

“Sekali panen ikan bandeng, bisa mencapai 1 ton. Ikan dijual dengan harga Rp18 ribu sampai Rp22 ribu,” ucapnya, kepada Tangerang Ekspres, kemarin.

Aswi mangatakan, dipercaya mengelola tanah seluas enam hektar milik bosnya menjadi tambak ikan. Dari tanah seluas itu kata Aswi, terdapat tujuh tambak ikan bandeng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here