Home TANGERANG HUB Berawal Aduan Ormas, Tower Seluler Disegel

Berawal Aduan Ormas, Tower Seluler Disegel

0
SHARE
SEGEL: Satpol PP Kabupaten Tangerang memasang segel di proyek tower seluler yang berlokasi di Kampung Kabasiran, Desa Karang, Kecamatan Pagedangan, Selasa (10/12). FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

PAGEDANGAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tangerang, menyegel tower operator seluler. Lantaran, belum memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). Tower tersebut terletak di Kampung Kabasiran, Desa Karang, Kecamatan Pagedangan, Selasa (10/12).

Kepala Seksi Ketrentraman dan Ketertiban Umum (Tantribum) Satpol PP Kabupaten Tangerang, Thomasa mengatakan, penyegelan berawal dari protes warga. Serta, aduan dari ormas kepada Pemkab Tangerang.

“Lalu kita survey ternyata tidak berizin. Proyek ini sudah berjalan dua bulan. Nanti, setelah mereka memiliki IMB, kemudian melapor ke kita, dan pembangunan kembali dilanjutkan,” katanya kepada Tangerang Ekspres saat ditemui di lokasi usai penyegelan.

Lanjutnya, apabila IMB telah dimiliki, pembangunan tower akan diawasi oleh Dinas Bangunan dan Tata Ruang (DTRB), serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Baik ketinggian ataupun luas tanah, agar sesuai dengan site plan yang ada di IMB.

Thomas menegaskan, penyegelan dilakukan atas dasar pengakuan dari perusahaan yang belum memiliki IMB. Sehingga, tidak dilakukan koordinasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), perihal kebenaran izin tower.

“Kita menanyakan kepada perusahaan tower ini dan mengakui belum memiliki perizinan. Satpol PP tidak berkoordinasi dengan perizinan, perusahaan bersangkutan yang berkoordinasi dengan perizinan,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, tower ini awal mula disegel oleh ormas. “Iya betul ini disegel terlebih dahulu oleh ormas. Sebenarnya, tugas dan fungsi (Tupoksi) pengawasan tower semacam ini bukan dari kita. Karena Diskominfo belum melakukan pengawasan dan terlebih dahulu diketahui oleh ormas. Dan kita berterimakasih kepada ormas yang sudah mengadukan kepada kita. Kalau laporan pasti kita tindaklanjuti dari siapapun,” lanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here