Home TANGERANG HUB KPU Usulkan Pembatasan Usia Petugas KPPS

KPU Usulkan Pembatasan Usia Petugas KPPS

210
0
SHARE

TIGARAKSA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, menyoroti banyaknya petugas pemilu yang meninggal dunia di pemilu serentak 2019. Khusunya petugas kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS). Diketahui, pada gelaran pemilu serentak, sebanyak 8 orang petugas pemilu meninggal dunia. Diakibatkan faktor usia dan kelelahan.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Ali Zaenal mengatakan, anggota KPPS yang meninggal dunia menjadi catatan dalam evaluasi pemilu serentak 2019. Dari hasil rapat, ia menerangkan, mengusulkan pembatasan usia serta perlunya surat keterangan medis bagi calon anggota KPPS.

“Usulan ini untuk pemilu serentak yang digelar lima tahun mendatang. Kita usulkan, agar petugas KPPS diketahui riwayat medisnya bagaimana. Hal ini guna mengantisipasi kejadian di 2019 terulang,” katanya kepada Tangerang Ekspres, Jumat (13/12).

Selain itu, calon anggota KPPS akan dilakukan tes kesehatan oleh dokter atau fasilitas kesehatan yang ditunjuk KPU. “Kita perlu adanya keterangan dari dokter bahwa calon petugas betul-betul sehat jasmani dan rohani,” katanya.

Ia menilai, surat keterangan medis merupakan hal yang penting bagi calon petugas KPPS. Tujuanya, agar tidak ada kendala kesehatan saat melaksanakan tugas. Selain dari usulan pembatasan usia bagi calon petugas pemilu di tingkat TPS hingga kecamatan.

Diketahui, pada gelaran pemilu serentak di 2019. Di Kabupaten Tangerang, petugas KPPS maupaun anggota Linmas meninggal dunia sebanyak 8 orang. Keluhannya kelelahan dan sakit pada kepala setelah menyelesaikan tugas rekapitulasi surat suara tingkat TPS.

Dari hasil penyelidikan Komnas HAM di Kabupaten Tangerang. Dengan menanyai anggota keluarga. Hasilnya, petugas KPPS dan Linmas yang meninggal dunia mengeluh kelelahan.

“Semua pihak tentu ingin gelaran pemilu sukses. Karenanya kita usulkan adanya tes kesehatan oleh dokter dan pembatasan usia. Agar kejadian di 2019 tidak terulang,” jelasnya. (mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here