Home TANGERANG HUB Fokus Polisi dan TNI di 97 Objek, 60 Gereja dan 37 Pusat...

Fokus Polisi dan TNI di 97 Objek, 60 Gereja dan 37 Pusat Keramaian

0
SHARE
Pasukan dari Polrestro Tangerang Kota, Dandim 0506 Tangerang dan Pemkot Tangerang akan diterjunkan ke objek-objek yang menjadi fokus pengamanan pada Senin (23/12).

KOTA TANGERANG-Polisi, TNI bersama elemen masyarakat siaga. Mereka akan diterjunkan untuk mengamankan 97 objek di Kota Tangerang, selama peringatan hari Natal dan Tahun Baru. Dalam pengamanan Natal, ada 60 gereja dalam pengawasan ketat. Polisi bersama TNI ditempatkan di semua gereja untuk memberikan rasa aman kepada umat nasrani menjalankan ibadah. Sementara pada malam Tahun Baru, ada 37 pusat keramaian yakni tempat perbelanjaan dan titik kumpul massa akan dijaga polisi.

Gangguan keamanan yang diwaspadai, teror bom, sweeping dan gejolak kelompok masyarakat. Kemarin, Polres Metro Tangerang Kota (Tangkot), Pemkot Tangerang dan Kodim 0506 menggelar apel bersama di Mapolres. Apel juga diikuti unsur organisasi kemasyarakatan, dan organisasi kepemudaan. Ratusan polisi, TNI, Dishub, Satpol PP dan tim siaga bencana berikrar siap mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru. Dalam apel ini, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah didaulat menjadi inspektur upacara didampingi Kapolrestro Tangkot Kombes Abdul Karim.

“Hari ini (kemarin) apel gelar pasukan untuk menyiapkan seluruh pasukan baik dari Pemkot Tangerang, Polri, TNI AD dan juga elemen masyarakat untuk menjaga kemanan Kota Tangerang selama Natal dan Tahun Baru. Dengan apel ini, kita mengetahui berapa jumlah pasukan gabungan yang akan turun. Tentunya untuk menjamin keamanan masyarakat yang menjalankan perayaan Natal maupun menyambut tahun baru,”ujar Walikota Tangerang Arief R Wismansyah kepada Tangerang Ekspres, Kamis (19/12).

Kapolrestro Tangkot Kombes Abdul Karim (tiga dari kiri) dan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah (dua dari kiri) mengecek kesiapan pasukan yang akan diterjunkan saat Nataru, di Mapolres kemarin.

Ia menambahkan, dari Pemkot Tangerang sendiri menurunkan pasukan BPBD, Satpol PP, Dishub, dan juga dari Dinkes. Bahkan ada 12 pos keamanan dan 8 pos pelayanan yang akan didirikan selama perayaan Natal dan Tahun Baru oleh Polrestro Tangerang. Hal tersebut untuk mempermudah koordinasi dengan masyarakat jika terjadi sesuatu.

“Mudah-mudahan di Kota Tangerang berjalan dengan kondusif. Kita akan terus bersinergi dengan seluruh elemen yang ada di apel ini. Bahkan, Pak Kapolres juga akan turun langsung melakukan pemantuaan pengamanan untuk memastikan Kota Tangerang kondusif,” paparnya.

Sementara itu, Kapolrestro Tangkot Kombes Pol Abdul karim mengatakan, selama Natal dan Tahun Baru, anggota polres disiagakan di semua gereja yang menggelar misa Natal. untuk melakukan pengamanan.

“Penempatan pasukan ini sudah disiapkan. Tentunya, kita mengajak elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan Kota Tangerang,”ungkapnya.

Karim menjelaskan, untuk pengamanan ini akan menggunakan dua konsep posko. Pertama posko pengamanan ada 12 dan posko pelayanan ada 8. Untuk posko pengamanan akan disiapkan di tempat ibadah. Untuk posko pelayanan akan ditempatkan di tempat publik, konsentrasi massa, stasiun, terminal dan juga pusat perbelanjaan.

“Semuanya sudah kami siapkan, masyarakat silakan melakukan aktivitasnya dengan tenang. Yang ingin merayakan Natal dipersilakan dan juga yang ingin merayakan Tahun Baru juga dipersilakan. Terpenting bisa menjaga kondusifitas Kota Tangerang, jika ada yang melakukan tindakan merusak keamanan Kota Tangerang, maka saya akan lakukan tindakan tegas,” tutupnya.

Sementara itu, Polres Tangsel akan mendirikan dua pos pengamanan (pospam) dan 6 pos pelayanan (posyan). Pos tersebut akan disebar di beberapa titik. Waka Polres Tangsel Kompol Didik Putra Kuncoro mengatakan, 8 pos yang akan didirikan sama dengan tahun lalu. Dua pospam akan didirikan di Gereja Paroki di Binong, Curug dan Gereja Christ Cathedral di Pagedangan. Sedangkan 6 posyan akan didirikan di perempatan German Center. Di Pondok Aren di Transmart, Ciputat di flyover, Cisauk di perempatan Muncul, Pamulang di Pamulang Square dan di Gading Serpong di depan Summarecon Mal Serpong.

“Delapan pos ini kita dirikan untuk memberikan jaminan keamanan masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres usai memimpin rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka operasi kepolisian terpusat “Lilin Jaya 2019” Mapolres Tangsel, Kamis (19/12. Didik menambahkan, dalam pelaksanaan pengamanan ia berharap tidak hanya seremonial saja, dengan adanya simbol pos saja. Tapi, harus lakukan pelayanan yang benar dan dirasakan masyarakat. “Jangan hanya duduk-duduk saja dan pos dibangun tentunya di tempat dirawan,” tambahnya.

Menurutnya, operasi Lilin Jaya biasa dilakukan dari tahun ke tahun. “Namun, jangan gitu-gitu saja tapi kewaspadaan harus ditingkatkan. Jangan terlena dan jangan dianggap seremonial saja. Tapi, jangan anggap masalah kecil,” tuturnya. Sementara itu, Kepala Bagian Operasional Polres. (mg9/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here