Home OLAHRAGA Babak Kualifikasi Olimpiade 2020, Panjat Tebing Sasar Kejuaraan Asia

Babak Kualifikasi Olimpiade 2020, Panjat Tebing Sasar Kejuaraan Asia

0
SHARE
LEMAH: Nomor lead menjadi kelemahan Indonesia saat mengikuti babak kualifikasi Olimpaide 2020 Tokyo. FOTO: Net

SEJAUH ini cabor panjat tebing belum meloloskan satu atlet pun ke Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang meski memiliki juara dunia panjat tebing nomor speed. Itu terjadi karena Indonesia kurang memiliki atlet yang kuat di nomor combined atau gabungan nomor speed, boulder, dan lead.

Untuk itulah Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) terus menggenjot performa atletnya untuk bisa meraih tiket di Olimpiade 2020 Tokyo. Dan salah satu kejuaraan yang disasar untuk bisa meraih tiket adalah pada kejuaraan Asia.

Juru bicara FPTI, Ferry Ardianto, mengatakan terdapat empat orang atlet yang dipersiapkan untuk mengikuti Kejuaraan Asia Panjat Tebing di Marioka, Jepang, Mei 2020.

Mereka yakni Aries Susanti, Alfian M. Fajri, Aspar Jaelolo, dan Nurul Iqamah. “Ajang ini merupakan kualifikasi terakhir untuk meraih tiket ke Olimpiade,” kata Ferry kepada Tempo, Senin (13/1).

Menurut dia, tantangan terbesar atlet dan jajaran pelatih yakni mengejar ketertinggalan di nomor boulder dan lead. Pria yang akrab disapa Pey ii menyebutkan pemanjat asal Indonesia unggul pada nomor speed.

“Sedangkan nomor yang diperlombakan di Olimpiade yakni cimbined atau gabungan nomor speed, boulder, dan lead,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here