Home TANGERANG HUB Pabrik Mebel Terbakar, 27 Jam Baru Padam

Pabrik Mebel Terbakar, 27 Jam Baru Padam

490
0
SHARE

CURUG – Api melahap pabrik mebel PT Citra Graha Interia, di kawasan Industri Manis, Desa Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. ‘Si Jago Merah’ mengamuk diduga berasal dari percikan api di dalam gudang penyimpanan cairan tiner sekitar pukul 18.00 WIB, Selasa (14/1). Walaupun, pemadam kebakaran datang cepat, akan tetapi api hingga Rabu (15/1) pukul 21.00 WIB baru bisa dikendalikan. Petugas bekerja keras selama 25 jam untuk memadamkan api.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Bambang Sapto mengatakan, banyaknya material yang mudah terbakar menyulitkan pemadaman api. Walaupun, sempat diguyur hujan lebat pada Selasa (14/1) sekira pukul 20.00 WIB, namun tidak serta bisa memadamkan api. “Benar ada kebakaran pabrik mebel. Lama (memadamkan api) kalau pabrik mebel. Karena, banyak barang yang mudah terbakar dilawan langsung juga percuma. Kita lokalisir barang yang tidak terbakar dahulu, sehingga api tidak menjalar ke mana-mana. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini,” jelasnya kepada Tangerang Ekspres melalui sambungan seluler, Rabu (15/1).

Kebakaran besar yang terjadi di PT Citra Graha Interia itu, diduga disebabkan oleh api yang membakar cairan resin (cairan semacam tiner). Berdasarkan keterangan satpam setempat, Agus (48) warga Desa. Cikoneng Ilir RT 01/07 Kecamatan Jatake, Kota Tangerang, saat api membakar cairan resin terjadi ledakan di gudang belakang pabrik. Api lantas menyambar ke tumpukan mebel. Ia menjelaskan, untuk memadamkan api, dikerahkan 6 unit mobil pemadam kebakaran milik Markos Komado BPBD dan dua unit bantuan dari Kota Tangerang.
Namun, tetap saja api masih belum dapat ditaklukkan meski sudah diguyur hujan. “Tiner itu meledak di gudang belakang pabrik. Lalu menyebar ke semua bangunan. Kita belum hitung kerugian materiilnya berapa. Api memang lama banget kita padamkan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin menyampaikan, pabrik mebel milik PT Citra Graha Interia terlalu banyak material mudah terbakar. Hingga Rabu malam (kemarin) pukul 21.00 WIB, petugas pemadam masih di lokasi. “Ada beberapa titik api yang masih menyala dan belum sepenuhnya dapat padam. Petugas masih di lokasi melakukan pemadaman dan berbarengan dilakukan pendinginan,” tutupnya. (mg-10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here