Home TANGERANG HUB Disdukcapil Punya Mesin Anjungan KIA

Disdukcapil Punya Mesin Anjungan KIA

0
SHARE
ANJUNGAN: Plt Kepala Disdukcapil menunjukkan cara pembuatan KIA lewat mesin anjungan. FOTO: Aziz/Tangerang Ekspres

Memudahkan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang melucurkan mesin anjungan KIA, Kamis (6/2/20).

Dengan hadirnya mesin anjungan KIA, para orangtua dapat membuat KIA anaknya dengan mudah. Tahap awal, Disdukcapil meluncurkan dua mesin anjungan KIA yang ditempatkan di Kantor Disdukcapil.

“Kedepannya, kami akan mengeluarkan beberapa mesin lagi yang akan kami letakkan di sekolah dan beberapa tempat umum. Sehingga, masyarakat akan lebih mudah dan dekat menjangkaunya,” ungkap Asep Suparman, Plt Kepala Disdukcapil.

Ia menjelaskan, dalam pembuatan KIA di mesin anjungan ini, orangtua hanya perlu memasukan NIK KK, jika anak dibawah lima tahun tak perlu foto, dan anak-anak lebih dari lima tahun bisa foto langsung dengan kamera yang tersedia.

“Tidak perlu lagi mengantri, kartu tercetak ditempat dengan proses penginputan sekitar tiga menit saja. Mesin ini otomatis mempercepat dan mendukung pelayanan administrasi kependuudan dasar sejak dini. Jadi cepat gunakan dan rasakan manfaatnya,” katanya.

Dalam peluncurannya, puluhan anak TK dan orangtua turut hadir melihat dan mencoba langsung cara pengoperasionalan mesin anjungan KIA. Anak-anak begitu antusias setelah melihat nama dan fotonya tertera di KIA miliknya.

“Bagus ya, kalau sudah pakai mesin begini kita jadi gak repot ngantri di loket-loket. Prosesnya juga gak sulit dan mudah dipahami, bagi kita para orangtua” kata Nirnawari, salah seorang warga.(raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here