Home TANGERANG HUB Sungai Cirarab Harus Dinormalisasi

Sungai Cirarab Harus Dinormalisasi

0
SHARE
SUNGAI CIRARAB: Tim Operasi dan Pemeliharaan BBWS Ciliwung Cisadane memantau kondisi Sungai Cirarab. FOTO: Aziz/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Walikota Arief R. Wismansyah meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane agar menormalisasi Sungai Cirarab yang melintas di wilayah Kecamatan Periuk. Selain itu, Pemkot juga akan bersurat ke Provinsi Banten untuk pengerukan Situ Bulakan dan penertiban bangunan liar di sekitar Situ.

“Sebelumnya kita sudah ajukan rencana normalisasi sungai,” terang Arief yang ditemui di ruang kerjanya di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (5/2).

Pengajuan tersebut bukan tanpa alasan mengingat kapasitas Sungai Cirarab dirasa kurang memadai saat menerima kiriman air dari hulu, terlebih di saat memasuki musim penghujan sehingga membutuhkan penanganan lebih lanjut.

“Seperti sekarang akhirnya air limpas ke perumahan. Padahal sudah ada turap yang dibangun di sepanjang wilayah Kecamatan Periuk,” kata Arief.

Sementara itu, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWS Ciliwung Cisadane Wijayanto yang datang dan meninjau langsung Sungai Cirarab mengungkapkan, pihaknya akan menindaklanjuti program yang diajukan oleh Pemkot Tangerang terkait normalisasi sungai.

“Kita lakukan pengecekan sungai dan uji coba kecepatan arus, ternyata memang ada penurunan kecepatan dibanding di wilayah hulu,” jelasnya.

Wijayanto memaparkan, kecepatan aliran Sungai Cirarab dihitung dengan menggunakan cara yang sederhana. Sungai diukur sepanjang 29 meter, lalu sebuah kayu diapungkan (dibawa aliran sungai) ke titik yang ditentukan. Lalu waktu yang didapat dari kayu yang diapungkan ke titik yang ditentukan selama 49 detik.

“Dari hitungan tersebut, ada perlambatan sekitar 0,5 meter/detik akibat terhalang jembatan di Kotabumi sehingga perlu dilakukan normalisasi,” tukas Wijayanto. (raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here