Home OLAHRAGA Tes MotoGP Qatar: Akhir Manis Yamaha

Tes MotoGP Qatar: Akhir Manis Yamaha

0
SHARE
PESAING: Maverick Vinales dan Yamaha menunjukkan grafik penampilan stabil sepanjang tes pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit Losail, Qatar. FOTO: MGP

PEBALAP-PEBALAP Yamaha menjadi penguasa hari ketiga Tes MotoGP Qatar, Senin (24/2) waktu setempat atau Selasa (25/2) dinihari WIB. Yamaha mencatat hasil manis dengan Maverick Vinales menjadi yang tercepat, disusul oleh Franco Morbidelli.
Di Sirkuit Losail, Doha, Vinales mencatat waktu 1 menit 53,858 detik yang diraih di lap ke-69. Hasil ini lebih baik dari yang ia raih dalam dua hari sebelumnya.

Pebalap Monster Energy Yamaha ini mencatat waktu 1 menit 54,494 detik di hari pertama, Minggu (23/2) WIB, dan 1 menit 54,264 detik di hari kedua, Senin (24/2) WIB. Ia membalap sebanyak 84 putaran dalam tes hari ini.

Sedangkan Morbidelli yang menempati posisi kedua mencatatkan waktu 1 menit 53,891 detik. Ia mengungguli Alex Rins, yang duduk di posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 54,068 detik.

Fabio Quartararo, yang mencatatkan waktu tercepat di hari kedua, ada di posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 54,077 detik. Catatan ini dibawah hasil hari kedua yakni 1 menit 54,038 detik.

Sementara itu, juara bertahan Marc Marquez menempati urutan ketujuh dengan catatan waktu 1 menit 54,149 detik. Meski begitu, dalam sesi ini ia menggunakan motor Honda musim lalu.
Pebalap Honda lainnya, Cal Crutchlow dan Alex Marquez, yang menggunakan motor terbaru justru berada di urutan bawah. Crutchlow menempati urutan ke-18, sedangkan Alex berada di urutan ke-21.

Andrea Dovizioso menempati urutan ke-10 dengan catatan waktu 1 menit 54,312 detik. Sedangkan Valentino Rossi berada di urutan ke-12 dengan catatan waktu 1 menit 54,332 detik.

Menanggapi sukses di tes pramusim MotoGP Qatar, Vinales mengaku sudah bisa memahami motor yang dikendarainnya. Hasil gemilang itu pun lantas membuat rekan setim Valentino Rossi tersebut mengaku langsung tak sabar untuk segera melakoni balapan perdana MotoGP 2020 yang akan berlangsung pada Minggu 8 Maret 2020 malam WIB nanti.

“Saya sangat senang (dengan hasil tes pramusim MotoGP 2020 Qatar). Tim saya sudah bekerja keras dengan cara yang sangat baik. Enam hari (tiga hari tes Malaysia dan tiga hari tes Qatar) tes dilakukan dan saya merasa sangat nyaman dengan motor,” terang Vinales, mengutip dari laman resmi Monster Energy Yamaha, Selasa (25/2).

“Kalau boleh jujur, saya sangat menikmati tiga hari terakhir ini dengan motor Yamaha. Tentu pekan ini akan terasa sangat panjang, jadi saya sudah tidak sabar untuk menunggu Jumat (pekan balapan) dan terutama pada hari Minggu-nya di grid Sirkuit Losail,” tambah Vinales.

Meski senang dengan perkembangan motor YZR-M1 keluaran tim pabrikan asal Jepang tersebut, namun Vinales merasa masih ada kekurangan yang ia rasakan di sepanjang tes pramusim Qatar. Karena itu, ia berharap pada sesi latihan nanti timnya bisa segera memperbaiki itu semua.

“Saya merasa motor sudah ada di sana (motor terbaik versi Vinales) dan karena itu kami mesti terus bekerja. Sebab meski perkembangannya bagus, namun saya merasa hal itu belum cukup,” tutup pebalap asal Spanyol tersebut. (apw/okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here