Home TANGERANG HUB RPP Jadi Destinasi Wisata Demokrasi, KPU Gandeng Disbudpar

RPP Jadi Destinasi Wisata Demokrasi, KPU Gandeng Disbudpar

0
SHARE
AJARKAN PEMILU: Para pelajar saat berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) di kantor KPU Kota Tangerang, Rabu (26/2). FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) membuka Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Kantor KPU, Jalan Nyi Mas Melati Kota Tangerang, Rabu (26/2).

Ketua Komisi Pemilhan Umum Kota Tangerang, Saylendra mengatakan, dalam rangka memperluas informasi tentang demokrasi kepada masyarakat,  pihaknya bekerjasama dengan Disbudpar mengenalkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) sebagai wisata demokrasi yang menjadi pilihan baru masyarakat Kota Tangerang.

Dibuatnya RPP ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas index demokrasi melalui giat wisata demokrasi kepada masyarkat terutama pelajar di Kota Tangerang melalui berbagai foto yang dipamerkan di ruang tersebut. Mulai dari simulasi pencoblosan, pengenalan sejarah pemilu di Indonesia serta ruang audio visual dan ruang pemutaran film tentang demokrasi yang dikemas secara kekinian.

“RPP ini dibuat untuk mengenalkan tentang sejarah Pemilu kepada masyarakat dan  meningkatkan kualitas index demokrasi,” kata Syaelendra kepada Tangerang Ekspres.

Dibangunnya RPP ini, lanjut Syaelendra, bertujuan agar pelajar maupun masyarkat umum dapat mengenalkan sejarah adanya pemilu dan berdemokrasi serta memahami proses pemilu. Ini sebagai bentuk upaya KPU melaksanakan kegiatan pendidikan pemilih melalui proses demokrasi yang baik, jauh dari praktek-praktek menyimpang hingga dapat membentuk calon pemilih yang cerdas.

“Bukan hanya bagaimana saat menggunakan hak pilih saat pemungutan suara saja, akan tetapi juga dijelaskan secara singkat mengenai proses tahapan pemilu,” ujarnya. (raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here