Home OLAHRAGA Kualifikasi Bulutangkis Olimpiade 2020, 4 Turnamen Ditunda, BWF Tak Ubah Aturan

Kualifikasi Bulutangkis Olimpiade 2020, 4 Turnamen Ditunda, BWF Tak Ubah Aturan

0
SHARE
KEJAR TIKET: Hasrat Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja untuk menambah poin ke Olimpiade 2020 Tokyo terhadang pembatalan 4 turnamen di tahun 2020. FOTO: BIO

FEDERASI Bulu Tangkis Dunia (BWF) angkat bicara terkait pernyataan yang bermunculan akibat pembatalan turnamen di beberapa negara karena wabah virus korona. Pasalnya dengan adanya pembatalan tersebut para pemain memiliki dampak besar dengan kehilangan poin menuju Olimpiade 2020.

Hingga saat ini, tercatat ada empat turnamen penting di level senior yang mengalami pembatalan karena merebaknya wabah virus korona. Terbaru adalah Jerman Open 2020 SUper 300 yang mengalami pembatalan karena adanya kekhawatiran terhadap penyebaran virus bernama Covid-19 tersebut.

Tentu saja kerugian dialami oleh beberapa pemain yang memang tengah gencar mencari poin untuk bisa lolos ke Olimpiade 2020. Dengan adanya pembatalan tersebut, maka beberapa pemain harus rela kehilangan poin dan rencana perhitungan mereka bisa saja meleset.

Mengomentari situasi tersebut, untuk saat ini BWF tidak akan melakukan penyesuaian aturan baru untuk memperpanjang waktu perhitungan Olimpiade. Sebab BWF menilai hal itu akan menimbulkan dampak positif dan negatif kepada beberapa pemain tertentu.

“Sangat disayangkan bahwa beberapa turnamen telah ditunda atau dibatalkan. BWF menghargai bahwa turnamen ini telah menjadi bagian dari rencana pemain untuk mencari poin agar lolos ke Olimpiade Tokyo 2020,” tulis pernyataan BWF dalam laman resminya, Jumat (28/2).

“Setiap perubahan pada aturan kualifikasi Olimpiade akan memengaruhi kepada pemain berbeda baik secara positif maupun negatif. Dengan adanya penundaan dan pembatalan turnamen saat ini, BWF tidak yakin melakukan perubahan aturan akan menjadi sesuatu yang pantas,” tambahnya.

“Penundaan atau pembatalan turnamen tidak berada dalam kendali tuan rumah dan BWF tetapi disebabkan oleh perkembangan yang berkelanjutan dari penyebaran Covid-19 di berbagai dunia. Keputusan pun diambil berdasarkan informasi yang diberikan oleh otoritas kesehatan masyarakat,” pungkasnya. (apw/okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here