Home PENDIDIKAN MTs Yabika Raih Adiwiyata Kabupaten,  Incar Adiwiyata Tingkat Provinsi

MTs Yabika Raih Adiwiyata Kabupaten,  Incar Adiwiyata Tingkat Provinsi

0
SHARE
TANAM POHON: Siswa didampingi guru MTs Yabika, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang menanam pohon di halaman sekolah.

JAMBE – Siswa MTs Yabika, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang antusias mempercantik dan menjaga lingkungandan secara rutin tiap hari dengan melakukan aksi bersih-bersih madrasah.

Hasilnya, untuk pertama kalinya, sekolah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, diganjar penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten Tangerang.

Meraih Adiwiyata tingkat kabupaten, membuat madrasah tersebut ditunjuk mewakili Kabupaten Tangerang menuju Adiwiyata tingkat Provinsi Banten. Targetnya, MTs Yabika diharapkan mampu meraih hasil terbaik.

Untuk bisa mencapai itu, pihak sekolah terus meningkatkan kebersihan lingkungan kelas, sekolah dan memenuhi berbagai aspek penilaian yang terus dimaksimalkan.

“Meraih Adiwiyata Kabupaten Tangerang sebenarnya hanya bonus saja. Karena tujuan kami menerapkannya lebih kepada untuk menjaga lingkungan sekolah, agar terlihat rindang bersih dan nyaman baik untuk siswa maupun guru,” beber Dadan Mardian, ST. M.Pd, Kepala MTs Yabika, saat ditemui di ruang kerjanya.

Dadang menegaskan, bahwa penghargaan Adiwayata bukan hanya sekedar penilaian, namun juga untuk menanamkan budaya bersih di lingkungan sekolah kepada para siswa dan guru.

“Budaya bersih itu sudah ternaman di siswa-siswi kita. Setiap pagi mereka sudah terbiasa bersih-bersih baik di kelasnya masing-masing maupun lingkungan sekolahnya,” katanya.

Selain itu, untuk pengurangan sampah plastik, pihaknya juga menghimbau kepada para siswanya untuk membawa tempat minum sendiri ke sekolah. Pihak sekolah menyebutnya dengan program kurasaki.

“Alhamdulillah, sekolah kita sudah masuk Adiwayata kabupaten. Pencapaian ini adalah hasil kerja keras seluruh unsur sekolah baik itu para siswa, guru, tata usaha, penjaga sekolah dan para komite,” ujarnya.

Pihaknya masih terus meningkatkan berbagai aspek, yang menjadi penilaian Adiwiyata seperti peningkatan kebersihan lingkungan sekolah, adanya kantin sehat yang memperjualan jajanan sehat.

Pihaknya juga optimis, bisa lolos dalam penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi Banten yang akan dilaksanakan pada bulan depan. Kekurangan yang ada akan terus dibenahi sehingga target bisa tercapai. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here