Home PENDIDIKAN SDN Pakuhaji 4 Kecamatan Pakuhaji, Sosialisasi Cegah Virus Corona

SDN Pakuhaji 4 Kecamatan Pakuhaji, Sosialisasi Cegah Virus Corona

0
SHARE
PASANG SPANDUK: Guru SDN Pakuhaji 4, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang berpose bersama seusai memasang spanduk tentang pencegahan virus corona, Senin (9/3). FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

PAKUHAJI – Guna mencegah penyebaran virus corona atau covid19 yang sudah masuk ke Indonesia, sosialisasi kepada masyarakat dilakukan dengan gencar. Salah satu yang dilakukan adalah memberikan edukasi cara cuci tangan yang benar dan pola hidup sehat.

Seperti yang dilakukan SDN Pakuhaji 4, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang yang mengajarkan cara cuci tangan yang benar kepada para pendidik dan ratusan muridnya, dengan mendatangkan petugas kesehatan dari Puskesmas Pakuhaji.

Mereka mendapat sosialisasi tentang Apa itu Virus Corona, tanda dan gejala yang ditimbulkan, cara penyebaran virus, tips mencegah dan cara agar orang lain tidak tertular.

Selanjutnya diberitahu dan praktik langsung cara mencuci tangan yang benar. Para guru juga memasang spanduk bertuliskan ‘Bersama Waspadai dan Tangkal Virus Corona,  Covid-19’ yang dipasang di halaman sekolah.

Kepala SDN Pakuhaji 4, Ika Yuliana mengatakan, keluarga besar SDN Pakuhaji 4, berkomitmen untuk tetap menjaga kondisi kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Apalagi saat ini tengah merebak virus corona di seluruh dunia dan telah masuk ke Indonesia. Para peserta didik diberi edukasi agar lebih peduli terhadap kesehatan, termasuk kebersihan lingkungan sekolah. Dengan cara seperti itu, diyakini akan terhindar dari virus corona.

“Diawali dengan pembiasaan para peserta didik untuk mencuci tangan dengan langkah-langkah yang benar. Sehingga peserta didik menjadi terbiasa. Nantinya, sebelum pelajaran dimulai, sebelum masuk ke dalam ruang kelas anak didik harus mencuci tangan terlebih dahulu, begitupula setelahnya.,” kata Ika, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/3).

Selain itu, lanjut dia, peserta didik juga diminta untuk terus menjaga kesehatan. Karena dengan kondisi sehat, maka imunitas anak akan kebal dari bakteri maupun virus apapun juga. Termasuk virus corona.

“Diharapkan seluruh siswa selalu dalam kondisi sehat, tidak terjangkit penyakit,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah seorang tim kesehatan dari Puskesmas Pakuhaji memaparkan sosialisasi tentang Apa itu Virus Corona, tanda dan gejala yang ditimbulkan, cara penyebaran virus, tips mencegah dan cara agar orang lain tidak tertular.

“Penyuluhan untuk pencegahan virus corona sudah dilakukan kepada kader-kader kesehatan, lintas sektoral, hingga anggota PKK. Dan juga sekolah-sekolah,” katanya.

Sementara sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ditingkat sekolah, dilakukan mulai dari SD sampai ke SMA sederajat. Dengan harapan meningkatkan pemahaman terhadap kesehatan peserta didik.

“Kita memang fokus pada virus corona bagaimana cara meminimalisir penyebaran, salah satunya dengan cuci tangan yang benar menggunakan sabun,” katanya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here