Home TANGERANG HUB Kades Kedaung Barat Gali Potensi Desanya

Kades Kedaung Barat Gali Potensi Desanya

0
SHARE
PEMAPARAN: Kades Kedaung Barat Sarnin Ayub (berdiri) memberikan pemaparan dalam acara musyawarah rencana pembangunan, beberapa bulan lalu. FOTO: Dok. Pemerintah Desa Kedaung Barat

SEPATAN TIMUR — Pemerintah Desa Kedaung Barat, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat dan menggali potensi di desanya.

Mulai tahun ini, pemerintah desa dengan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Kedaung Barat akan membangun pusat olahraga sekaligus pusat kuliner di desa tersebut.

Sarnin Ayub, Kepala Desa (Kades) Kedaung Barat mengatakan, kades diminta dapat berinovasi demi perkembangan desa. Artinya kades diminta berani beda dari kades lainnya dalam memanfaatkan APBDesa.

“Caranya dengan menggali potensi yang ada di masing-masing desa. Kalau potensi di desa kami diantaranya memiliki lapangan sepak bola yang berlokasi sangat strategis,” kata pria yang akrab disapa Ayub ini, kepada Tangerang Ekspres, kemarin.

Ayub menuturkan, kades dituntut mampu mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Menurutnya, salah satu cara mengembangkan UMKM di desanya adalah dengan memfasilitasi tempat kepada pelaku usaha kecil di desanya.

“Kami akan bikin kios-kios di dekat lapangan sepak bola. Sehingga pengunjung tidak hanya berolahraga, mereka juga tentunya akan jajan di kios tersebut,” ucap pria yang dilantik menjadi kades sejak Desember 2019 ini.

Selain itu tutur Ayub, kades diminta bertanggungjawab dengan jabatan yang diemban. Kemudian kades juga diminta memahami tugas dan fungsi sebagai orang nomor satu di desa.

Ayub menambahkan, berupaya membangun desa berdasarkan ketentuan yang berlaku dan disesuaikan dengan skala prioritas desa. “Besarnya dana desa, harus berdampak kepada masyarakat dengan skala prioritas. Namun tetap berpedoman juga dengan regulasi yang sesuai dengan peraturan,” ujarnya.

Ayub mengatakan, tahun ini menjadikan lapangan bola di Desa Kedaung Barat dapat dikunjungi masyarakat umum, meskipun sedang tidak ada pertandingan sepak bola. “Sebab saya ingin bikin jogging track, spot selfie dan kios-kios kuliner,” pungkasnya. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here