Home TANGERANG HUB Dinkes Pantau 39 Orang, Terkait Virus Corona

Dinkes Pantau 39 Orang, Terkait Virus Corona

149
0
SHARE

TIGARAKSA-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang memantau puluhan warga yang masuk suspect Corona. Mereka sudah melakukan perjalanan ke negara terjangkit virus mematikan ini.

Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmidzi mengatakan, pemantauan dilakukan sejak warga tiba di bandara hingga 14 hari kedepan. Ia menuturkan, sudah ada yang dinyatakan keluar dari status pemantauan.

“Total ada 47 orang yang kita masukan suspect Corona. Diantaranya 39 orang masuk dalam daftar pemantauan kita di Kabupaten Tangerang. Ada 32 yang kita nyatakan telah melewati masa 14 hari pemantauan. Artinya tidak ada gejala sakit atau apapun,” katanya kepada Tangerang Ekspres, Senin (16/3).

Ia menuturkan, warga yang masuk status pemantauan telah melakukan perjalanan dari Malaysia, Korea Selatan, Singapura dan China. Menurutnya, 39 orang ini dipantau dengan didatangi langsung oleh petugas medis atau berkomunikasi dengan WhatsApp. “Mereka menanyakan gejala atau sakit yang timbul. Apabila ada yang demam atau sakit segera diperiksa. Sejauh ini tidak ada yang terjangkit virus Corona,” ujarnya.

Hendra mengatakan, selain pemantauan, juga ada yang masuk daftar pengawasan. Yakni, mereka yang sudah mengalami gejala sesak nafas, demam, radang tenggorokan, batuk, flu, dan radang paru-paru. Menurutnya, mereka baru terduga terjangkit corona. “Mereka diambil sampel darah dan swap tenggorokan. Sudah kita rawat ke RSPI Sulianti Saroso dan RS Persahabatan. Baik yang pengawasan ataupun pemantauan itu masuk suspect,” jelasnya.

Hendra menerangkan, warga yang masuk pengawasan sudah melakukan perjalanan dari Malaysia. “Jumlahnya ada 5 dan tiga orang sudah dinyatakan sembuh dari gejala. Mereka dinyatakan negatif dan dua orang belum kita ketahui hasilnya. Artinya, dua orang ini belum ada data hasil laboratorium ke kita dari pemerintah pusat,” tutupnya. (sep/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here