Home TANGERANG HUB Forum Gabungan 5 OPD Sinkronkan Program

Forum Gabungan 5 OPD Sinkronkan Program

0
SHARE
BUKA FORUM: Walikota Airin Rachmi Diany (di tengah) didampingi Kepala BPKAD Warman Syanudin (kanan), Kepala Bappeda Eki Herdiana (kedua kanan), Ada I Rahmat Salam (ketiga kanan), Uus Kusnadi (kedua dari kiri) dan Kepala BKPP Apendi (paling kiri) saat membuka forum gabungan lima OPD di Balai Kota Tangsel, kemarin.

CIPUTAT-Lima organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Tangsel menggelar forum gabungan, Senin (16/3). Acara yang diadakan di Aula Blandongan Balai Kota ini dilaksanakan oleh Sekretariat Daerah, Inspektorat, Badan Kepegawain Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Bappeda dan BPKAD Kota Tangsel.

Kepala Bappeda Eki Herdiana mengatakan, forum gabungan dilaksanakan untuk mensinkronkan program kegiatan antar-OPD. “Tahun depan Bappeda ada 8 program dan 19 kegiatan dan ini mengikuti Permendagri Nomor 90 yang baru,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (16/3).

Eki menambahkan, program dan kegiatan yang akan dilakukan sesuai Permendagri itu semua ada 148 kabupaten kota dan dipersilahkan memilih. Kegiatan ada 323 dan setiap kabupaten kota silahkan pilih.

“Bab kegiatan ada 1.481 yg disiapkan Permendagri. Kita harus mapping untuk sesuaikan RPJMD dan Permendagri ini,” tambahnya.

Masih menurutnya, pelaksanaan forum OPD gabungan Rabu terakhir dilaksanakan. Kemudian Bappeda alan menghitung semua pagu anggaran dari tiap OPD. “Kita diberi waktu sampai sampai akhir bulan ini untuk menghitung pagu semua OPD, barulah 1 atau 2 April kita akan melaksanakan Musrembang tingkat kota,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BKP Apendi mengatakan, saat ini Pemkot Tangsel masih kekurangan sekitar 12 ribu PNS bila dilihat dari jumlah penduduk yang mencapai 1,6 juta jiwa. Apalagi tahun ini ada 115 PNS yang akan pensiun dan tahun depan 202 PNS juga pensiun.

“Kita akan minta ke Kementerian Dalam Negeri dan mudah-mudahnn tahun ini ada penerimaan CPNS lagi dna jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu yangbahnya dapat 218,” ujarnya.

Apendi menambahkan, 155 PNS yang akan pensiun tahun ini didominasi guru, sehingga tahin depan kita banyak membutuhkan guru. Selain guru, ada satu pejabat eselon 2 yang tahun ini pensiun, yakni staf ahli walikota Suharno.

Untuk mengisi kekurangan itu, BKPP akan memaksimalkan pegawai non PNS dan mereka yang akan membantu di OPD. “Kita tidak boleh tanbah atau menerima tenaga hononer lagi,” tambahnya.

“Mudah-mudahan P3K tahun ini bisa ikut dalam CPNS dan kita sudah mengusulkan CPNS 2020 sekitar 500 orang,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, forum OPD gabungan sifatnya top down dan ia minta kepada dinas terkait melalukan evaluasi capaian target RPJMD masing-masing apakah sudah mencapai 90 persen apa belum.

“Harapan saya kalau sudah 90 persen maka bisa lakukan kegiatan untuk capai 100 persen. Kalau belum maka maksimalkan dan sampaikan ke Bappeda kalau tidak cukup minta tanbahan anggaran,” ujarnya.

Airin berharpa masing-masing OPD melakukan progran berkelanjutan untuk 2021-2024. Bila pagu sudah habis silahkan dicatat, karena di sistem Simral bisa mencatat kegiatan tersebut.

“Nanti saat musrembang tingkat kota akan terlihat dan kalau ini bagus dan untuk kepentingan masyarakat siapa tahu bisa ada saat musrembang tingkat kota,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here