Home TANGERANG HUB Festival Cisadane Ditiadakan

Festival Cisadane Ditiadakan

0
SHARE
DITIADAKAN: Festival Cisadane yang digelar setiap setahun sekali, tahun ini ditiadakan sementara karena masih dalam kondisi pandemi virus corona. FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang memastikan tahun ini perayaan Festival Cisadane ditiadakan. Sekretaris Disbudpar Kota Tangerang Syamsul Bahri mengatakan, selama pandemi Covid-19 di Kota Tangerang kegiatan budaya dan pariwisata sementara waktu ditiadakan. Hal tersebut lantaran penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang terus meluas, maka itu semua kegiatan yang sudah diagendakan ditidakan sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

“Tahun ini kita tidak menggelar Festival Cisadane. Kalau sesuai jadwal kegiatan tersebut digelar pada Juni. Kita tidak tahu pandemi ini berakhir, yang jelas semua kegiatan yang kita agendakan ditidakan dulu,”ujarnya saat dihubungi Tangerang Ekspres melalui telepon selularnya, Senin (27/4).

Syamsul menambahkan, ditiadakannya kegiatan Festival Cisadane karena anggaran yang sudah dipersiapkan saat ini dialihkan ke penanganan Covid-19. Jadi tidak mungkin, jika tetap digelar karena semua anggaran kegiatan sudah dialihkan.

“Kita tidak tahu kapan ini selesai, pandemi ini mengimbas kepada sektor pariwisata di Kota Tangerang. Dengan kegiatan yang kami lakukan, biasanya bisa menarik wisatawan dari luar kota maupun luar negeri untuk datang ke Kota Tangerang. Tahun ini kita tidak ada dulu dan fokus kepada penanganan Corona ini,”paparnya.

Ia menjelaskan, kalaupun ada nanti pasca pandemi Covid-19, pihaknya membuat kegiatan yang sifatnya recovery (pemulihan). Salah satunya peningkatan UKM untuk membantu para UKM kembali bergerak, tentunya tidak menghilangkan semangat festival atau pagelaran.

“Saya optimis setelah pandemi berakhir, kita bisa kembali recovery. Kalaupun ada nanti di akhir tahun, maka kegiatan yang tertunda bisa jadi satu. Kemungkinan akan kembali normal di tahun depan,”ungkapnya.

Syamsul menuturkan, dampak sektor pariwisata yang sangat terlihat yakni hotel dan restoran. Saat ini ada beberapa hotel yang tutup sementara, hal itu akibat Covid-19 yang membuat tamu tidak bisa menginap.

“Intinya kita berharap pandemi ini berakhir, masyarakat juga diminta untuk bersama-sama melawan Covid-19 dengan cara tetap di rumah. Pemerintah kota Tangerang, saat ini juga terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19,”pungkasnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here