Home TANGERANG HUB Satlantas Pastikan Kelaikan Randis

Satlantas Pastikan Kelaikan Randis

0
SHARE
CEK RANDIS: Kanit Turjawali, Iptu I Made Artana (tengah) memeriksa kelayakan unit pendukung kinerja unit lalu lintas di halaman kantor Satlantas Polresta Tangerang, Kamis (18/6). FOTO: Satlantas Polresta Tangerang for Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Satlantas Polresta Tangerang, memeriksa puluhan kendaraan dinas (randis) roda dua dan empat di halaman kantor Polresta Tangerang. Hasilnya, semua kendaraan serta peralatan opersional layak fungsi. Jumlah yang diperiksa yakni, 12 unit sepeda motor di atas 500 cc, lima unit mobil patroli serta 48 unit Handy Talkie (HT), Kamis (18/6).

Kanit Turjawali, Satlantas Polresta Tangerang, I Made Artana mengatakan, pemeriksaan dilaksanakan secara mendadak dengan tanpa pemberitahuan kepada anggota. Ia menerangkan, pemeriksaan rutin juga dilakukan guna memastikan kelayakan peralatan dan kendaraan dinas guna menunjang tugas. Hanya saja, ia mengungkapkan, perlunya inspeksi pemeriksaan mendadak terhadap kelayakan peralatan dan kendaraan.

“Hal ini bertujuan agar kita bisa memastikan kendaraan laik dan dalam keadaan bersih. Adapun apabila terdapat kerusakan bisa cepat diperbaiki tanpa menghambat kinerja satuan dilapangan. Tentu penting keberadaan alat-alat semacam HT sebagai sarana komunikasi anggota secara real time dan mudah. Hasil hari ini, kita bisa pastikan semua dalam keadaan baik dan layak pakai,” katanya kepada awak media di halaman kantor Satlantas usai pemeriksaan.

Anggota satlantas dipersilakan mengendarai sepeda motor dan mobil patroli selain itu, mekanik kendaraan dipersiapkan guna memeriksa bagian dalam motor serta mobil. Tidak luput, sistem pengereman juga diperiksa satu persatu. Termasuk volume dan kualitas oli serta radiotor kendaraan.

Made menjelaskan, randis yang diperiksa terdiri dari 12 unit motor besar atau BM di ats 500 cc, 5 unit kendaraan roda 4 patroli dan pengawalan, serta 48 unit HT. Made menerangkan, pemeriksaan itu untuk memastikan perangkat berfungsi dengan baik sehingga dapat membantu kelancaran pelaksanaan tugas.

Selain fungsi, perangkat juga diperiksa kebersihannya. Satu per satu kendaraan diperiksa kebersihannnya. Made mengaku akan memberi tindakan bila ditemukan sampah atau kotoran di kendaraan.

“Kebersihan juga merupakan bagian dari perawatan. Kita periksa secara detail dan teliti. Apabila nanti ada kerusakan kita siapkan cadangan dan peralatan ataupun kendaraan kita perbaiki secepatnya. Tentu ini sudah menjadi protap kita agar tugas dan kinerja kepolisian terutama di satuan lalu lintas tetap maksimal,” tandasnya. (rls/sep/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here