Home TANGERANG HUB Door to Door Salurkan BLT ke Lansia

Door to Door Salurkan BLT ke Lansia

0
SHARE
SALURKAN BLT: Kepala Desa Pisangan Jaya Muhamad Hotib (ke dua dari kana) saat menyalurkan BLT Dana Desa ke warganya yang struk, di Desa Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Sabtu (20/6). FOTO: Dok Pemerintah Desa Pisangan Jaya

SEPATAN — Sebanyak 185 KK menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, di Desa Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Sabtu (20/6).

Muhamad Hotib, Kepala Desa Pisangan Jaya mengatakan, pengambilan BLT Dana Desa senilai Rp600 ribu ini tidak dapat diwakilkan dengan siapapun.

“Jadi penerima BLT Dana Desa wajib datang berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan ke balai desa. Yakni Sabtu sore,” kata pria yang akrab disapa Balok, kepada Tangerang Ekspres.

Di sisi lain kata Balok, dia memilih menyalurkan BLT Dana Desa kepada lansia penderita penyakit menahun, dengan cara berkunjung ke kediaman mereka masing-masing.

“Ada sejumlah warga kami sebagai penerima BLT Dana Desa, yang memang sudah lansia dengan kondisi tuna netra dan struk. Tidak mungkin beliau-beliau kami wajibkan datang ke balai desa. Jadi kami door to door ke rumah beliau-beliau, sambil silaturahmi,” tuturnya.

Balok menambahkan, total 278 KK penerima BLT Dana Desa di Desa Pisangan Jaya. “Sabtu ini baru bisa menyalurkan BLT kepada 185 KK,” kata Balok.

Balok menjelaskan, BLT bersumber dari Dana Desa (DDS) yang dikucurkan pemerintah pusat ke rekening desa. Dan sebagian BLT bersumber dari penerimaan bagi hasil pajak retribusi (PBH) yang dikucurkan pemerintah daerah.

“Nah 185 KK penerima BLT pada Sabtu ini, dananya yang bersumber dari DDS. Sisanya nanti yang dananya dari PBH,” paparnya, seraya meminta yang belum menerima BLT agar bersabar.

“Alhamdulillah juga, mencapai 835 KK terima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan 195 KK terima Bantuan Sosial Pangan (BSP), dari Kemensos RI. Sedangkan bansos dampak Covid-19 yang dari pemprov dan pemda belum turun ke warga kami,” pungkasnya.

Sukra, warga RT 05/04 mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa karena sudah menyalurkan BLT Dana Desa kepada orang tuanya.

“Kondisi orang tua saya sudah lansia dan struk,” ucap pria yang berprofesi sebagai tukang bangunan ini, singkat. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here