Home TANGERANG HUB Hasil Kebun DLH Dibagikan

Hasil Kebun DLH Dibagikan

0
SHARE
LAHAN SEMPIT: Walikota Arief R Wismansyah meninjau kebun DLH yang ditanami sayuran dan pembesaran ikan lele, Kamis (25/6). FOTO: Humas Pemkot Tangerang

TANGERANG – Lahan sempit masih bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanaman dan ternak ikan. Ini dilakukan para pegawai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang yang memfungsikan lahan di sekitar kantor.

“DLH Kota Tangerang sudah membuktikan, lahan yang kecil seperti ini bisa menghasilkan berbagai jenis pangan. Mulai dari sayuran, hingga ikan yang hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Walikota Arief R Wismansyah saat meninjau kantor DLH Kota Tangerang, Kamis (25/6).

Walikota mengatakan, keterbatasan lahan hijau di Kota Tangerang bukan menjadi alasan untuk tidak digarap. Manfaatkan lahan yang ada, karena itu bisa dikembangkan dengan baik.

Arief menambahkan, DLH Kota Tangerang mampu menjadi laboratorium bagi masyarakat, sekolah dan swasta untuk mengembangkan lingkungannya dengan biaya yang sangat terjangkau.

“Lahan ini tidak membutuhkan biaya yang besar, bahkan ini hasil kreativitas dan pemikiran temen-temen dari DLH. Saya rasa kedepan, DLH bisa menjadi laboratorium untuk kepentingan edukasi kepada masyarakat yang nantinya bisa diterapkan,”paparnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Dedi Suhada menjelaskan, sudah ada kurang lebih 5.000 tanaman yang berhasil tumbuh di kebun DLH. Bahkan, hasilnya sudah dibagikan kepada masyarakat yang ada di sekitar kantor DLH Kota Tangerang.

“Ini adalah upaya dari pegawai DLH untuk tidak hanya bisa teori saja, tapi dalam praktiknya memang betul-betul bisa memberikan manfaat untuk masyarakat,”ungkapnya.

Ia menuturkan, selama dibangun oleh para pegawai DLH, mereka tidak meminta anggaran besar, mulai dari menggarap lahan, menanam bibit hingga hal lainya dikerjakan sendiri tanpa melakukan perencanaan anggaran.

“Ini masuk dalam program Proklim, kita akan berikan edukasi kepada masyarakat bahwa dengan lahan minim dan anggaran minim bisa menghasilkan yang luar biasa. Tentunya akan kita terus kembangkan,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here