Home TANGERANG HUB Pegawai Puskesmas Rajeg Terpapar Covid-19

Pegawai Puskesmas Rajeg Terpapar Covid-19

0
SHARE
Pegawai Puskesmas Rajeg Terpapar Covid-19
SEMPROT: Petugas BPBD Kabupaten Tangerang semprot cairan disinfektan, di Puskesmas Rajeg, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Selasa (21/7). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

RAJEG – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rajeg, di Jalan Raya Kukun-Tanjakan, Desa Mekar Sari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, disemprot disinfektan, Selasa (21/7).

Kosrudin, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang mengatakan, pada masa pandemi Covid-19, salah satu tugasnya adalah melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Penyemprotan dilakukan di lembaga pemerintah, dan terutama di fasilitas umum. Sekarang, kami dapat perintah dari pimpinan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Puskesmas Rajeg,” kata Kosrudin, kepada Tangerang Ekspres, di Puskesmas Rajeg.

Kosrudin menyebutkan, BPBD bukan petugas penyemprotan cairan disinfektan secara rutin. Hanya saat terdapat permintaan yang diajukan kepada pimpinan BPBD.

“Tetapi ketika ada perintah dari pimpinan biasanya dua alasan. Pertama penyemprotan dilakukan saat ingin ada pejabat yang datang ke suatu tempat. Salah satu contohnya ketika kunjungan Kapolri dan Panglima TNI di Mauk, belum lama ini,” tutur mantan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tangerang.

Selain itu kata Kosrudin, BPBD melakukan penyemprotan cairan disinfektan di pemukiman, lembaga dan fasilitas umum, saat terdapat salah seorang ataupun sejumlah orang positif Covid-19.

“Nah untuk di Puskesmas Rajeg ini, diduga ada yang positif Covid-19, tapi saya tidak bisa memastikan. Tapi nyatanya Selasa ini, tidak ada aktivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Rajeg,” ujarnya.

Di tempat yang sama, dr Siti Salamah, Kepala UPT Puskesmas Rajeg mengatakan, pada Selasa ini adalah penyemprotan cairan disinfektan yang pertama kali dilakukan BPBD Kabupaten Tangerang di Puskesmas Rajeg. “Tapi penyemprotan cairan disinfektan secara mandiri, rutin kami lakukan setiap hari,” ucapnya.

Saat ditanya Tangerang Ekspres apakah terdapat pegawai Puskesmas Rajeg, yang terpapar positif Covid-19, Salamah mengarahkan wartawan menanyakan pertanyaan tersebut ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang.

“Tanyanya ke Dinkes ya,” kata Salamah, dengan nada lembut, sambil berjalan meninggalkan wartawan.

Saat dikonfirmasi Tangerang Ekspres, dr Hendra Tarmizi, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang mengatakan, ada yang terpapar Covid-19 di Puskesmas Rajeg.

“Ada yang terpapar satu orang, tapi saya lupa jenis tenaganya,” kata pria yang juga sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang ini, melalui WhatsApp.(zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here