Home PENDIDIKAN SWW-SERATIK 2020 STMIK Eresha, Dukung Hari Kebangkitan Teknologi

SWW-SERATIK 2020 STMIK Eresha, Dukung Hari Kebangkitan Teknologi

0
SHARE
SWW-SERATIK 2020 STMIK Eresha, Dukung Hari Kebangkitan Teknologi
VIDEO CONFERENCE: Civitas Akademika STMIK Eresha Pamulang, Kota Tangsel menyelenggarakan SWW-SERATIK 2020, Scientific Workshop Week-Seminar Regional Teknologi Informasi dan Komputer, dengan menggunakan video conference. FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

PAMULANG – Di tengah global pandemi Covid-19, yang memaksa keadaan untuk physical distancing, tidak menyurutkan segenap Civitas STMIK Eresha untuk menyelenggarakan agenda ilmiah berupa SWW – SERATIK 2020, Scientific Workshop Week – Seminar Regional Teknologi Informasi dan Komputer.

Kegiatan dengan mengusung tema ‘IoT and Industry Revolution 4.0: State of The Art, Applications and Its Future’, merupakan kegiatan yang digagas dan dikoordinasikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Eresha, Kota Tangsel, beserta civitas akademika.

Ketua LPPM STMIK Eresha, Dr. Abu Khalid Rivai, M.Eng, menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan selama tujuh hari ini melalui video conference, dalam rangka mengisi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke 25, serta Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 Tahun.

Lebih lanjut Abu memaparkan, topik pada workshop pada SWW dilaksanakan adalah digital marketing, data science dengan R, teknik penulisan tesis penelitian, teknik penulisan jurnal ilmiah, dan IoT – Internet of Things, dengan mengundang para narasumber dari internal STMIK Eresha maupun praktisi terkait.

Adapun puncak acara SERATIK 2020 pada pada Sabtu dengan menampilkan tiga keynote Speakers terdiri dari Prof. Dr. Hoga Saragih, ST, MT. Ketua Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Bakrie, Dr. Ismail Yusuf Panessai merupakan Dosen Fakultas Seni, Komputeran dan Industri Kreatif Universiti Pendidikan Sultan Idris – Malaysia, dan Dr. Tukiyat, M.Si. (BPPT – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan Dosen Prodi Magister STMIK Eresha) dengan topik-topik terkait Revolusi Industri 4.0 dan IoT serta aplikasinya saat ini dan ke depan.

Pada kesempatan ini hadir langsung memberikan sambutan arahan, sekaligus pembukaan secara virtual para pimpinan lembaga yaitu Ketua Yayasan Sasmita Jaya dan Benarif Indonesia Dr (Hc) Drs H. Darsono, Ketua STMIK Eresha Dr. Achmad Hindasyah, M.Si., Rektor UNPAM Dr Dayat Hidayat M.M. selaku pembina STMIK Eresha beserta jajaran rektorat.

Kata Abu, rangkaian kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk tiga hal utama yaitu menghimpun dan merumuskan informasi terkait perkembangan teknologi informasi dan komputer, bidang IoT and Industry Revolution 4.0.

Selain itu, menyediakan forum pertukaran informasi ilmiah di bidang teknologi informasi dan komputer, meningkatkan jejaring atau networking informasi antara perguruan tinggi, dengan berbagai lembaga terkait.

“Total kumulatif peserta yang mengikuti kegiatan SWW-SERATIK 2020 ini lebih dari 800 peserta dari berbagai perguruan tinggi, instansi maupun industri,” tegas Abu.

Pada seminar SERATIK 2020 juga dilaksanakan sidang paralel presentasi seluruh pemakah sejumlah lebih dari 60 makalah, yang disajikan setelah sidang pleno keynote speakers pada 10 kelas paralel virtual.

Seluruh rangkaian kegiatan SWW-SERATIK 2020 secara virtual bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

“Harapan penyelenggara melalui kegiatan ini bisa ikut serta mengisi dirgahayu kemerdekaan RI, serta kebangkitan teknologi bangsa melalui karya-karya nyata dalam rangka mengharumkan nama baik lembaga, bangsa dan negara melalui kompetensi di bidang teknologi informasi dan komputer,” tegas Abu. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here