Home OLAHRAGA Berharap Dapat Perahu Lomba

Berharap Dapat Perahu Lomba

0
SHARE
Tim Arum Jeram Kabupaten Tangerang mempersiapkan diri untuk menghadapi Porprov Banten yang akan digelar di Kota Tangerang.

TANGERANG, TANGERANGEKSPRES.CO.ID–CABANG olahraga (Cabor) arung jeram akan menjalani debut diperlombakan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten tahun 2022 di Kota Tangerang. Untuk keikutsertaan yang pertama ini Pengcab FAJI Kabupaten Tangerang mematok target tinggi yakni mendulang 6 dari 12 medali emas yang diperebutkan pada Porprov VI nanti.

Keyakinan ini tidak lepas dari persiapan yang telah dilakukan selama ini. Atlet binaan Pengcab pimpinan Endang Sutisna itu rutin menggelar latihan pada Sabtu dan Minggu di Situ Puspemkab Tigaraksa. Latihan rutin yang digelar sejauh ini terus menunjukkan grafik peningkatan.

“Kami mencoba mengoptimalkan atlet-atlet dari daerah sekitar Tigaraksa dan atlet dari wilayah Pantai Utara, Alhamdulillah sekarang kemampuan atlet sudah cukup baik dan kemampuannya terus menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan,” ujar Endang.
Peningkatan kemampuan yang cukup terlihat adalah dari sisi fisik, ini lantaran saat ini atlet arung jeram Kabupaten Tangerang berlatih menggunakan perahu karet yang biasa digunakan untuk penyelamatan korban banjir.

Bobot perahu yang lebih berat dari perahu yang digunakan untuk lomba membuat fisik atlet lebih tertempa.
Namun diungkap Wisnu pelatih arung jeram Kabupaten Tangerang meski mendapat keuntungan dari sisi fisik, berlatih dengan perahu berbobot berat menimbulkan kerugian dari sisi teknik bertanding. Dimana kemampuan mendayung dengan tenaga yang lebih kuat membuat laju perahu lomba berkelok-kelok.

“Ini yang terjadi saat kami menggunakan perahu lomba saat dapat pinjaman dari salah satu universitas di Tangerang, laju perahu tidak mulus namun berbelok-belok. Ini kerugian saat lomba dan kami harap bisa mendapat perahu lomba agar atlet bisa beradaptasi dengan kondisi perahu,” ungkap Wisnu.

Pasalnya, lanjut Wisnu kondisi perahu lomba dengan perahu yang biasa digunakan berlatih sangat jauh berbeda. Di perahu lomba ada pegangan yang bisa dimaksimalkan atlet untuk bisa mendayung lebih kuat dan cepat. “Saya cukup optimis jika kami mendapat bantuan untuk membeli perahu lomba dan adaptasi yang lebih lama bisa mewujudkan target 6 medali emas yang kami canangkan,” tutup Endang. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here