Home TANGERANG HUB DPRD Kota Tangerang Minta Warga Turut Sukseskan Sensus Penduduk Lanjutan

DPRD Kota Tangerang Minta Warga Turut Sukseskan Sensus Penduduk Lanjutan

0
SHARE

KOTA TANGERANG – Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo mengajak masyarakat Kota Tangerang menyukseskan Sensus Penduduk Lanjutan yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) mulai Mei sampai Juni 2022 mendatang.

“Saya mengimbau dan mengajak masyarakat untuk menyukseskan Sensus Penduduk Lanjutan, yang dilaksanakan oleh BPS pada bulan Mei – Juni 2022 dengan menerima petugas sensus dan memberikan data yang dibutuhkan dan sejujur-jujurnya,” kata Gatot.

Dia menyebutkan, setidaknya terdapat beberapa tujuan diadakannya sensus penduduk lanjutan pada tahun depan, yakni untuk memperkirakan jumlah, distribusi dan komposisi penduduk, serta memperoleh data untuk penghitungan parameter demografi (kelahiran, kematian, dan migrasi).

Kemudian, lanjut Gatot, sumber data dari indikator angka kematian ibu, memperbarui data yang akan digunakan dalam penghitungan proyeksi penduduk, menyediakan data karakteristik penduduk dan perumahan, serta menjadi sumber data dari indikator kependudukan untuk SDGs yang tidak dapat diperoleh dari sumber lain.
Menurutnya,, Sensus Penduduk Lanjutan ini, selain menghasilkan parameter demografi, juga sebagai input dalam penyusunan proyeksi penduduk, sekaligus untuk pembangunan berkelanjutan serta indikator untuk kepentingan pembangunan lainnya.

Dia menambahkan, sensus sendiri merupakan cara terstruktur untuk mendapatkan informasi deskriptif tentang jumlah dari sebuah populasi yang dapat digunakan untuk demokrasi (pemilu), Pengumpulan pajak dan juga dapat digunakan untuk ilmu ekonomi.

“Semoga Sensus Penduduk Lanjutan dapat berjalan lancar sesuai harapan kita bersama serta menghasilkan output berupa data statistik yang valid, kredibel dan dapat menunjang proses perencanaan evaluasi dan pelaksanaan pembangunan,” jelasnya.(raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here