Home OLAHRAGA Melaju ke Semifinal, Buah Percaya Diri dan Konsisten

Melaju ke Semifinal, Buah Percaya Diri dan Konsisten

0
SHARE
Tim basket putri Kota Tangerang yang berlaga di Popda X Banten, sedang mendengarkan instruksi dari pelatih Arfansyah Gunawan saat melawan Pandeglang, Rabu 8 Juni 2022.

SERANG,TANGERANGEKSPRES.CO.ID,–Perjalanan tim basket putri Kota Tangerang di Popda X Banten 2022 terbilang mulus. Di dua laga babak penyisihan grup Y belum menemui rintangan berarti.

Membungkam Kabupaten Serang 39-7 dan menumbangkan Kabupaten Pandeglang 34-10 pada pertandingan Rabu 8 Juni 2022 di GOR Ciceri, Kota Serang. Dua hasil manis ini membuat Kota Tangerang melaju ke babak semifinal, meski masih menyisakan satu laga melawan Kota Cilegon, Kamis 9 Juni 2022.

Dari skill individu, tim basket putri Kota Tangerang terlihat masih di atas lawan-lawannya. Namun, skill juga bukan segala-galanya untuk memenangkan pertandingan. Percaya diri, konsistensi dan kekompakan menjadi senjata ampuh meraih kemenangan saat berlaga di lapangan.

Tim yang diasuh Arfansyah Gunawan ini disiplin menjaga lawan saat bertahan dan cukup tenang saat berada di area lawan. Poin yang diraih tim putri Kota Tangerang ini hasil dari skema serangan yang cukup apik.

Aceng (sapaan Arfansyah Gunawan) mengatakan timnya sedang dalam motivasi tinggi usai memenangkan dua laga dan melaju ke semifinal. “Situasi ini harus kita jaga. Anak-anak harus tetap dalam kondisi siap tempur. Melawan Cilegon, kita akan bermain dalam level tinggi, karena kekuatan Cilegon berbeda dengan dua lawan sebelumnya,” ujarnya.

Sebelum Popda digelar, tim putri pernah menjalani laga ujicoba melawan Cilegon. Hasilnya, tim putri Kota Tangerang menang. Namun, bagi Aceng laga ujicoba tidak bisa dijadikan patokan.

“Di pertandingan yang sebenarnya seperti saat ini, faktor nonteknis bisa mempengaruhi performa pemain. Saat ujicoba nggak ada beban. Situasinya jelas berbeda. Makanya kita harus antisipasi faktor-faktor nonteknis,” ulasnya.

Basket putri Popda dibagi dua grup. Tim basket putri Kota Tangerang tergabung di grup Y bersama Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan KabupatenPandeglang. Di grup X dihuni Kota Tangsel, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang dan tua rumah Kota Serang.

Juara dan runner up grup akan melaju ke babak semifinal. Di grup X, Kota Tangsel yang wajib diwaspadai. Bukan berarti meremahkan tuan rumah Kota Serang.

Manajer tim basket putri Kota Tangerang, Willyanto Baruna Suwondo mengucap rasa syukur Alhamdulillah atas capaian hinga saat ini. Ia mengatakan, tim basket putri menunjukkan performa yang cukup baik. Mereka bermain semangat, percaya diri dan kompak.

“Besok masih ada satu pertandingan lagi melawan Cilegon, saya harap anak-anak tetap fokus dan bermain dengan baik sesuai arahan pelatih. Jangan berpuas diri, karena dipertandingan selanjutnya pasti kita bertemu dengan lawan yang cukup kuat,” tegas Willy, sapaan akrabnya.

Sementara, di tim basket putra, Kota Tangerang harus berjuang lebih keras. Setelah menang di pertandingan pertama melawan Kota Cilegon dengan skor 42-22, Kota Tangerang harus mengakui kemenangan Kabupaten Pandeglang dengan skor tipis 21-23.

Di pertandingan terakhir babak penyisihan grup B, Kota Tangerang akan menghadapi Kabupaten Tangerang yang diketahui sudah dipastikan melaju semifinal. Kota Tangerang wajib menang dan butuh poin penuh untuk bisa maju ke babak selanjutnya. (rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here