Beranda TANGERANG HUB Pilar Saga Ichsan: RT dan RW Ujung Tombak Pemerintah

Pilar Saga Ichsan: RT dan RW Ujung Tombak Pemerintah

0
BERBAGI
Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan (berdiri) memberikan arahan kepada RT/RW saat pembinaan RT dan RW se-Kelurahan Cempaka Putih di Restoran Taman Pulo Situ Gintung, Cempaka Putih, Ciputat Timur, Senin (20/6).

CIPUTAT TIMUR,TANGERANGEKSPRES.CO.ID-Pemkot Tangsel tahun telah meningkatkan insentif bagi RT dan RW pada tahun ini. Sebelumnya, insentif RT dan RW sebesar Rp 350 ribu per bulan dan tahun ini dinaikan menjadi Rp 500 ribu per bulan. Di Kota Tangsel terdapat RT 3.946 dan RW 755 yang tersebut di 7 kecamatan.

Hal tersebut dikatakan Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan saat memberikan arahan saat pembinaan RT dan RW se-Kelurahan Cempaka Putih di Restoran Taman Pulo Situ Gintung, Cempaka Putih, Ciputat Timur, Senin 20 Juni 2022.

Pilar mengaku, peran RT dan RW sangat penting terlebih saat penanganan pandemi covid-19. “Kita sudah memasang anggaran mulai tahun ini insentif RT dan RW naik dari Rp 350 jadi 500 ribu per bulan,” ujarnya, Senin (20/6).

Pilar menambahkan, menjadi RT dan RW adalah panggilan jiwa, pengabdian untuk masyarakat. Pihaknya ingin memberikan yang terbaik dengan memberikan insentif untuk pejuang-pejuang ditengah masyarakat.

“Peran RT dan RW sangat penting karena ujung tombak pembangunan, mereka memberikan masukan, mendapatkan informasi dari masyarakat, termasuk pencegahan-pencegahan tindakan kriminal, pengendalian penyakit dan lainnya,” tambahnya.

Pilar mengaku paham benar RT dan RW terjun ditengah masyarakat untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Selain menaikan insentif, Pemkot Tangsel juga telah menganggarkan anggaran kelurahan tiap tahun untuk kegiatan pelatihan-pelatihan.

“Target awal tiap tahun tiap kelurahan dapat Rp 1 miliar tapi, tahun ini baru Rp 600 juta dan tahun depan diharapkan bisa Rp 1 miliar,” jelasnya.

Penyuka olahraga sepakbola ini mengungkapkan, peran RT dan RW menjadi sentral terutama membantu program pemerintah yang berkaitan dengan pembebasan lahan untuk pembangunan bagi masyarakat yang memakan waktu dan juga bantuan dari pihak RT dan RW setempat.

Pilar mengaku, pihaknya juga rutin memberikan pembinaan terhadap RT dan RW mengenai ketentuan yang berlaku. “Saya harap RT dan RW memiliki wawasan yang lebih luar terkait tugas dan tanggung jawabnya,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Ciputat Timur Hamdani mengatakan, diwilayahnya terdapat 79 RW dan 441 RT mengapresiasi apa yang telah dilakukan RT/RW selama ini. “Menjadi RT/RW sebagian besar adalah pengabdian dan ini terbukti dari honor yang diberikan pemerintah yang tidak seberapa. Meskipun kecil tapi, Pemkot berupaya semaksimal dan ada upaya-upaya walaupun tidak besar namun ada peningkatan,” singkatnya.

Ditempat yang sama, Asda I Dadang Pemkot Tangsel Dadang Raharja mengatakan, tugas RT/RW adalah membantu pemerintahan setempat dalam melayani masyarakat. “Tugas RT/RW adalah melakukan pendataan kependudukan dan adminitrasi pemerintahan. Penduduk yang keluar masuk wilayah harus dicatat, yang meninggal dan lahir juga dicatat. Memelihara keamanan dan ketertiban wilayah juga tugas RT/RW,” singkatnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here