Home BISNIS Menko Airlangga Dorong Generasi Muda Berwirausaha, Pemerintah Siapkan KUR

Menko Airlangga Dorong Generasi Muda Berwirausaha, Pemerintah Siapkan KUR

0
SHARE

JAKARTA – Pemerintah melanjutkan program pemulihan ekonomi nasional dengan memperkuat sektor UMKM. Pemerintah juga terus mendorong generasi muda untuk menjadi wirausahawan guna meningkatkan jumlah UMKM di Indonesia.

Dalam acara Kemenko Perekonomian Goes to Campus di Universitas Negeri Yogyakarta yang digelar secara mixed mode dan dihadiri lebih dari 500 peserta, Selasa 28 Juni 2022, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bahwa kewirausahaan harus didorong sejak awal atau sebagai mahasiswa.

Menurutnya, dengan berbagai kebijakan yang berpihak pada UMKM, generasi muda dapat dengan antusias berpartisipasi menjadi wirausahawan dan berperan sebagai pencipta lapangan kerja.

“Program kewirausahaan yang digagas kampus merupakan salah satu kunci sukses penciptaan lapangan kerja dari kalangan akademisi. Tentu kita berharap bisa memadukan ilmu dan inovasi untuk membaca peluang, sehingga tercipta wirausahawan yang berkualitas,” ujar Menko Airlangga.

Selain itu, Menko Airlangga mengatakan, pengoperasian Perpustakaan Digital Universitas Negeri Yogyakarta ini merupakan bagian dari upaya pemerintah agar masyarakat, termasuk civitas akademika, program pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai alternatif solusi pembiayaan. untuk memulai bisnis.

“Melalui kewirausahaan, mahasiswa atau generasi muda dapat membuat perbedaan dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia,” kata Menko Airlangga.

Terkait KUR, Deputi Koordinator Bidang Makroekonomi dan Keuangan Iskandar Simorangkir menjelaskan, UMKM entry level yang membutuhkan pendanaan skala mikro dapat mengakses Kredit Mekaar, Kredit Umi (Ultra Mikro) atau KUR Super Mikro.

Jika butuh modal lebih, bisa mengakses KUR dengan limit maksimal Rp 500 juta. Untuk KUR, pemerintah telah menetapkan pagu KUR 2022 sebesar Rp 373,17 triliun dengan memberikan pelonggaran kebijakan dan tambahan subsidi, sehingga debitur hanya dikenakan bunga 3% hingga tanggal 31 Desember 2022.

“Pemerintah mendorong mahasiswa untuk menggunakan KUR untuk pembiayaan usaha sehingga mereka dapat memulai atau mengembangkan usahanya, menghasilkan produk bernilai tambah tinggi dan menjadi bagian dari tata kelola global rantai nilai,” kata Iskandar. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here