Beranda PERISTIWA Perbaiki Saluran Air, Warga Salembaran Jaya Antisipasi Banjir

Perbaiki Saluran Air, Warga Salembaran Jaya Antisipasi Banjir

0
BERBAGI
Warga RW 05 Kelurahan Salamberan Jaya melakukan perbaikan gorong-gorong untuk antisipasi adanya banjir saat musim hujan

TANGERANG — Warga RW 05 Kelurahan Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi, bergerak memperbaiki gorong-gorong dan juga saluran air. Ini karena saluran air dan gorong-gorong mulai dipenuhi lumpur dan sampah.

Langkah perbaikan gorong-gorong dan saluran air ini juga sebagai antisipasi adanya banjir saat hujan atau banjir rob. Perbaikan gorong-gorong tersebut dilakukan secara mandiri. Bahkan tidak ada intruksi dari kelurahan untuk melakukan perbaikan gorong-gorong. Aksi tersebut, dilakukan atas kemauan masyarakat agar wilayah mereka tidak terjadi banjir.

Ketua RW 05 Zainudin mengatakan, perbaikan gorong-gorong tersebut karena warga ingin tidak ada banjir saat musim hujan, bahkan saat dilakukan perbaikan gorong-gorong tersebut dipenuhi oleh lumpur dan tumpukan sampah.

“Memang saluran air yang ada tidak berfungsi karena ada lumpur dan sampah, maka itu saya bergerak bersama warga untuk melakukan perapihan dan perbaikan saluran air agar membantu kelurahan dan juga antisipasi banjir,”ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (23/1).

Zainuddin menambahkan, rencananya akan diagendakan kegiatan tersebut seminggu sekali untung melakukan kontrol saluran air. Bahkan warga juga akan membuat jaring sebagai penahan sampah dari tempat lain ke wilayah RW 05.

“Saya juga telah ingatkan, agar tidak membuang sampah di saluran air. Karena dampaknya sangat parah, selain itu dari sampah yang diangkut kebanyakan sampah plastik yang menumpuk di saluran air,”paparnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini saat musim hujan wilayahnya hanya terjadi genangan, hal tersebut air tidak bisa mengalir dari saluran air yang ada. Karena saluran tersumbat badan juga adanya lumpur yang menebal, dengan dibersihkan kedepan saat hujan tidak terjadi genangan.

“Upaya kita saat ini hanya membersihkan, jika memang ada saluran air yang rusak parah maka kita akan laporkan ke Kelurahan agar bisa segera dilakukan perbaikan. Dan tentunya, kita selalu komunikasi dengan pak Lurah agar bisa ditangani segera jika ada masalah wilayah,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here