Home OLAHRAGA Tes Pra Musim MotoGP 2019, Jajal Kemampuan Motor Baru

Tes Pra Musim MotoGP 2019, Jajal Kemampuan Motor Baru

0
SHARE
MOTOR BARU: Jorge Lorenzo saat mengendarai motor Honda yang akan jadi tungganganya pada MotoGP musim 2019. FOTO: Motogp.com

BALAP MotoGP musim 2018 resmi berakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia Minggu, 18 November lalu. Walau baru saja selesai, namun rentetan musim baru MotoGP 2019 sudah mulai digeber.

Kemarin, seluruh tim melakukan tes pra musim hari pertama di Sirkuit Ricardo Tormo. Tes masih akan berlanjut hari ini sebelum berpindah ke Jerez pada 28 November mendatang.

Beberapa pembalap yang berpindah tim sudah menunggangi motor tim baru mereka. Yang mencuri perhatian tentu saja Jorge Lorenzo yang sudah menggeber motor Repsol Honda. Dua musim terakhir, pembalap Spanyol itu membela Ducati.

Ada juga Johann Zarco yang sudah berkostum KTM. Musim lalu dia masih berada di Yamaha Tech 3. Mantan pembalap Suzuki Ecstar Andrea Iannone kemarin juga sudah menunggangi motor barunya yakni Aprillia. Sementara Danilo Petrucci sudah menggeber Ducati, menemani Andrea Dovizioso.

Sama seperti MotoGP Valencia Minggu lalu, hujan masih menggelanyuti tes pra musim hari pertama kemarin. Latihan sendiri dijadwalkan mulai pukul sepuluh pagi sampai pukul lima sore waktu setempat. Namun, lantaran trek yang masih basah, para pembalap baru berani turun ke lintasan pada pukul 11.30 waktu setempat.

Sampai berita ini naik cetak, tes masih berlangsung. Pembalap Yamaha Maverick Vinales sementara membukukan catatan waktu tercepat yakni 1 menit 31,416 detik. Dia meraih catatan terbaik itu pada lap ke-33 dari total 39 lap yang telah dia jalani.

Juara bertahan Marc Marquez membuntuti di posisi kedua, terpaut 0,302 detik dari Vinales. Marquez meraihnya pada lap ke-21 dari 25 lap yang telah dia jalani.

Sebelum menjalani tes kemarin, Marquez mengatakan bahwa dirinya tidak bisa tampil 100 persen. Dua kecelakaan yang dia dapat pada sesi kualifikasi dan balapan di MotoGP Valencia, membuat bahu kirinya masih dalam perawatan yang intensif.

Marquez bahkan sudah dijadwalkan menjalani operasi untuk menyembuhkan cedera itu pada Desember mendatang. “Tidak banyak lap yang akan saya ambil. Saya hanya butuh memastikan beberapa hal. Sebab, tes di Valencia ini sangat penting,” ucapnya. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here