Home OLAHRAGA Barcelona vs Levante, Menjaga Marwah Camp Nou

Barcelona vs Levante, Menjaga Marwah Camp Nou

0
SHARE
LOLOS: Philippe Coutinho (bawah) diyakini akan meloloskan Barcelona ke babak 8 Besar Copa del Rey.

KONTRAK Ernesto Valverde bersama Barcelona berakhir di penghujung musim ini dan belum ada tanda-tanda diperpanjang. Padahal, sejak melatih Lionel Messi dkk musim lalu, Txingurri, julukan Valverde sukses mempersembahkan tiga trofi (La Liga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol).

Lantas, bagaimana jadinya bila Valverde tidak memenangi satu pun trofi musim ini? Memang, masih ada kesempatan di La Liga karena Barca bercokol di puncak klasemen. Di Liga Champions, Barca sudah lolos ke 16 besar. Untuk satu ini, memang itulah target yang dibebankan manajemen kepada Valverde karena sudah tidak meraihnya sejak 2014-2015.

Tetapi, andai Liga Champions kembali gagal diraih dan ada trofi domestik yang lepas, maka masa depannya di Camp Nou benar-benar berakhir. Dan, potensi untuk tersingkir di salah satu ajang lokal ada di Copa del Rey. Ya, Blaugrana kalah agregat 1-2 dari Levante di leg pertama 16 besar Copa del Rey.

Ada asumsi bahwa eks pelatih Athletic Bilbao itu sengaja melepas Copa del Rey. Tujuannya, agar pemainnya bisa lebih fokus ke liga Champions sembari mempertahankan La Liga.

“Saya tidak yakin bila mengorbankan Copa del Rey pasti juara Liga Champions. Kami pernah melakukan rotasi dan kalah,” ucap Valvered seperti dilansir Marca.

Pernyataan pelatih 54 tahun tersebut merujuk kepada kebijakan yang dilakukannya di leg pertama. Kala itu, dia menyimpan beberapa pilar seperti Messi, Luis Suarez, dan Gerard Pique. Hal itu sangat mungkin tidak ingin diulang Valverde dini hari nanti meski kans menurunkan pemain pelapis masih ada melihat dalam latihan kemarin waktu setempat Valverde mengajak lima pemain Barcelona B gabung dengan tim utama. Mereka adalah Juan Miranda, Juan Brandariz alias Chumi, Moussa Wague, Guillem Jaime, dan Rafa Mujica.

Apalagi, laga nanti dihelat di Camp Nou. Tercatat, Barcelona belum pernah kalah di kandang pada Copa del Rey sejak 6 tahun silam. Tepatnya ketika keok 1-3 dari Real Madrid di leg kedua semifinal musim 2012-2013.

Presiden Barca Josep Maria Bartomeu paham bahwa Valverde tengah gundah mengenai nasibnya. Tadi malam, kepada Sport, Bartomeu seolah memberi garansi kepada Valverde bahwa kontraknya segera diperpanjang dan manajemen tengah bekerja untuk itu.

“Tidak ada keraguan bahwa Valverde akan menjadi pelatih kami musim depan. Dia adalah pelatih yang sangat kami percayai. Dia cerdas dan tahu permainan yang ingin kami mainkan,” ucap pria 55 tahun tersebut. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here