Home OLAHRAGA Bayern Muenchen vs Borussia Dortmund (5-0), Legenda Lewy

Bayern Muenchen vs Borussia Dortmund (5-0), Legenda Lewy

0
SHARE
LEGENDA: Robert Lewandowski (ketigga dari kanan) mencetak dua gol kemenangan Bayern Munchen saat mengalahkan Borussia Dortmund 5-0. FOTO: Net

BAYERN Muenchen membayar lunas ‘hutang’-nya musim ini kepada Borussia Dortmund. Kekalahan 2-3 di Signal Iduna Park (11/11), dibalas dengan pesta lima gol ke gawang Dortmund kemarin (7/4) di Allianz Arena.

Kemenangan 5-0 Die Roten tersebut melejitkan mereka ke posisi puncak klasemen Bundesliga. Namun margin poin kedua tim sangat dekat. Bayern cuma unggul satu angka (64-63) atas Die Schwarzgalben.

Penyerang Bayern Robert Lewandowski lagi-lagi menjadi momok buat lini belakang mantan klubnya. Lewy, panggilan Robert Lewandowski, membobol gawang kiper Dortmund Roman Buerki pada menit ke-17 dan 89. Mats Hummels (10′), Javi Martinez (41′) dan Serge Gnabry (43) menjadi pencetak gol lainnya.

Brace yang dihasilkan Lewy tersebut membuatnya menyalip torehan gol Gerd Mueller di laga bertajuk Der Klassiker itu. Lewy kini mencetak 15 gol (14 bersama Bayern, satu bersama Dortmund). Atau unggul satu gol dari penyerang Bayern berjuluk Der Bomber itu. Dan juga Lewy membuat histori dengan mencetak gol dalam lima Der Klassiker yang dilaluinya.

“Saya merasa bangga bisa menjadi bagian bersejarah tim ini. Dan tentu rekor ini sangat berarti buat saya karena sesungguhnya saya tak pernah berpikir bisa seproduktif ini,” tutur kapten timnas Polandia itu kepada Bild.

Gol pertama Lewy terlihat lebih indah dari gol kedua kemarin. Suami Anna Lewandowska itu mencegat umpan bek Dortmund Dan-Axel Zagadou kepada rekannya Manuel Akanji di menit ke-16. Kiper Dortmund Buerki mencoba menghentikan laju Lewy. Lewy tak kalah cerdik dengan menchip bola itu dan kemudian menutupnya dengan sebuah tendangan akrobatik untuk memastikan bola masuk ke gawang Dortmund.

“Saya rasa jarak saya dengan pemegang rekor gol lain tak terlalu jauh. Saya melihat masih bisa mengejarnya,” ucap Lewy. Ya, dengan brace kemarin mengantar Lewy sebagai pencetak gol kelima terbanyak di Bundesliga. Atau setelah Gerd Müller (365 gol), Klaus Fischer (268), Jupp Heynckes (220), dan Manfred Burgsmueller (213).

Der trainer Bayern Niko Kovac memuji performa spektakuler anak asuhnya di babak pertama. Menggelontorkan empat gol ke gawang Dortmund dalam 45 menit merobohkan mental Dortmund.

“Kami masih memiliki enam spieltag lagi yang harus dijalankan. Kita lihat sejauh apa hasil laga ini punya pengaruh ke depan karena baik kami maupun Dortmund masih melakoni laga sulit,” ujar Kovac dalam situs resmi klub. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here