Home OLAHRAGA MotoGP Amerika Serikat, Gagal di Angka 8

MotoGP Amerika Serikat, Gagal di Angka 8

0
SHARE
GAGAL JUARA: Valentino Rossi gagal meraih gelar juara untuk pertama kalinya setelah di salip di lap ke 17 oleh Alex Rins (foto kanan). Ini jadi kedua kali Rossi finish sebagai runner-up setelah MotoGP Argentina.

PEBALAP Repsol Honda Marc Marquez gagal menambah panjang rekor juara di MotoGP Amerika Serikat di COTA Austin, Senin (14/4) dinihari WIB. Rekor kemenangan beruntun di COTA terhenti diangka 8 saat pebalap Spanyol itu gagal finish akibat terjatuh di lap 12.

Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins tampil sebagai “King of COTA” baru setelah mampu melewati Valentino Rossi di empat putaran terakhir dan finish pertama pada lompa sepanjang 115,8 km tersebut.

Rins sukses mempersembahkan kemenangan perdana bagi Suzuki, setelah kemenangan Maverick Vinales pada tiga tahun silam. Rins menyatakan kegembiraan tak terhingga usai juara.

“Saya sangat senang, saya tidak punya kata-kata untuk menjelaskan perasaan ini. Terima kasih kepada Suzuki, mereka melakukan pekerjaan yang sangat bagus, motor yang bagus selama ini. Saya melakukan yang terbaik, saya sangat senang, perasaan saya luar biasa. Saya mengalahkan Valentino, ini tidak bisa dipercaya bagi saya, dia adalah idola saya ketika saya masih sangat muda,” ujar Rins, mengutip dari Motorsports, Senin (15/4
Pertarungan di baris terdepan berjalan panas. Marc Marquez yang sedari awal balapan memimpin jauh di depan, tiba-tiba harus terjatuh di tikungan 12 pada lap 13. Otomatis, Valentino Rossi yang berada di posisi kedua langsung menggantikan sekaligus Rins di posisi ketiga.

Seri MotoGP Amerika bisa dibilang cukup sulit diprediksi, selain insiden Marquez, pebalap-pebalap gaek lainnya juga terkena sial. Cal Cruthlow juga jatuh dan Jorge Lorenzo gagal finis karena motornya bermasalah. Sementara Maverick Vinales dan Joan Mir kena penalti karena jump start.

Hal inilah yang membuat Rossi sedikit berhati-hati saat memimpin setelah Marquez keluar lintasan. Tekanan tekanan kuat dari Rins membuat Rossi merelakan posisinya disalip Rins di lap ke-17, dan pebalap Spanyol itu menjaga posisi hingga bendera finis berkibar.

The Doctor, julukan Valentino Rossi, mengaku kecewa dengan hasil yang diraihnya, karena kans juarabya cukup besar . “Saya tidak terlalu puas dengan hasilnya. Ketika saya melihat Marc (Marquez) terjatuh, saya berpikir saya juga bisa mengalami hal serupa, jadi saya mencoba sedikit berhati-hati. Balapan berlangsung dengan sangat cepat,” ujar Rossi, melansir dari laman Crash.

Soal persaingannya dengan Rins dalam memperebutkan tempat pertama pada balapan tersebut. Rossi mengaku jika pebalap Spanyol itu tampil sangat cepat dengan motor Suzukinya.

“Tetapi pada akhirnya dia (Rins) lebih baik dari saya dan saya tidak bisa menyusul. Ini hasil yang tidak sesuai dengan harapan di lintasan karena ini merupakan sudah lama sejak saya menang. Tapi bagaimanapun, kami kuat dan kami akan mencoba lagi lain kali,” tukasnya. (apw/mgp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here