Home TANGERANG HUB Laporkan Hasil Suara Beda, KPU Buka Pengaduan

Laporkan Hasil Suara Beda, KPU Buka Pengaduan

1
SHARE
KOTAK SUARA: Ketua Bawaslu Kota Tangerang M. Agus Muslim mengecek rekapitulasi serta kotak suara yang berada di Gor Sudimara Pinang, Kecamatan Pinang, Sabtu (20/4). FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu mengenai penghitungan rekapitulasi suara yang saat ini sedang berlangsung.

Saat ini, seluruh Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) sedang melakukan rekapitulasi penghitungan C1 di 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Apalagi penghitungan baru saja dimulai dan diharapkan untuk tidak terpancing dan termakan isu yang tidak benar.

Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Saylendra mengatakan, penghitungan rekapitulasi masih berjalan, bahkan sampai saat ini belum ada hasil yang pasti untuk rekapitulasi penghitungan C1. Karena proses itu membutuhkan waktu yang lumayan lama.

“Sampai saat ini penghitungan masih tetap berjalan, untuk itu masyarakat jangan terpancing adanya isu yang tidak benar terkait penghitungan rekapitulasi suara yang sedang berjalan”ujarnya.

KPU Kota Tangerang sedang melaksanakan proses scanning atau real count yang sifatnya untuk menginformasikan kepada publik bahwa hasil yang ada dari TPS dihimpun, discan agar masyarakat bisa mengetahui.

“Namun itu tidak bisa dijadikan acuan, yang dijadikan acuan rekaputulasi manual yang berjenjang sampai tingkat nasional,” katanya.

menambahkan, KPU juga membuka pengaduan jika ada hasil suara yang tidak sesuai. Hal itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat memberikan informasi jika ada data yang salah.

“KPU RI membuka pengaduan yang tayang di web pemilu2019.kpu.go.id, web itu bisa diakses masyarakat untuk melakukan pengaduan serta pencocokan data jika ada data yang berbeda di lapangan,” ujarnya.

Selain itu, KPU juga membuka aduan melalui call center 021 31902567/021 31902577 atau melalui WhatsApp 0812 1177 2443. Laporan juga dapat dikirim melalui email bagianteknis@kpu.go.id. Layanan ini mulai pada pukul 08.00-18.00 WIB.

Syalendra menjelaskan, masyarakat Kota Tangerang sangat antusias saat pencoblosan 17 April lalu. Terlihat semua TPS ramai didatangi masyarakat untuk memberikan hak suara mereka dalam memilih calon presiden, DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan juga DPRD Kota.

“Untuk antusias saya rasa masyarakat sangat antusias sekali. Dari kaum melenial sampai orangtua datang ke TPS untuk memberikan hak suara mereka,” sebutnya. (mg-9)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here