Home TANGERANG HUB Kedaulatan Pangan Jadi Fokus Bupati

Kedaulatan Pangan Jadi Fokus Bupati

0
SHARE
PANEN JAGUNG: Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (depan), siap memanen jagung di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Tabu (23/1). FOTO: Diskominfo Kab Tangerang for Tangerang Ekspres

TELUKNAGA – Ketahanan pangan di Kabupaten Tangerang tak hanya sebatas sawah dan padi. Saat ini, sayur mayur, buah-buahan serta produk holtikultura lainnya menjadi varietas unggulan.

Wilayah utara Kabupaten Tangerang merupakan wilayah pesisir yang berpotensi di bidang pertanian holtikultura, menjadi bidikan Pemkab Tangerang mulai digalakan pada tahun 2019 ini. Mengingat ketahanan pangan merupakan fokus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tangerang.

“Master plan ini merupakan bentuk komitmen dari pemerintah daerah yang harus direspons secara aktif oleh SKPD, selanjutnya diterjemahkan ke berbagai pecapaian sektoral sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing SKPD,” kata Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang saat panen buah-buahan holtikultura di Teluknaga, Rabu (23/1).

Kata Zaki meski lahan semakin terbatas di Kabupaten Tangerang, namun ia tetap memasukan ketahanan pangan menjadi program dan prioritas Pemkab Tangerang.

Petani harus sudah bisa mempersiapkan diri memanfaatkan lahan yang terbatas, dengan produktivitas yang tinggi dan evisien.

Adanya holtikultura di Kecamatan Teluknaga diyakini dapat membantu kebutuhan warga Kabupaten Tangerang. Lanjut Zaki, setiap tahunnya terus meningkat populasi di wilayah utara, ini juga dapat membantu mengurangi angka pengangguran. Karena holtikultura dikelola para generasi muda turun langsung dan bercocok tanam dan lebih produktif.

“Mudah mudahan penen kita di hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing masing. Ayoo berkebun” terang Zaki, seraya memberikan semangat kepada generasi muda.

Perwakilan PT East west Seed Indonesia wilayah Jabar dan Banten, mengapresiasi Bupati Tangerang yang mendukung ketahanan pangan holtikultura di kawasan Kabupaten Tangerang.

“Saya mengapresiasi sekali kepada pak bupati yang telah mendukung penuh adanya holtikultura di Kabupaten Tangerang. Dan saya juga bangga Mas Bagas yang sudah melaksanakannya bersama kaum muda, serta para santri yang terlibat dalam berocok tanam,” ungkap Budi Haryono, perwakilan PT East West Seed Indonesia di Teluknaga.

Budi berharap, agar kaum muda dapat melihat dan mencontoh semangat Bagas sebagai petani sukses di Kabupaten Tangerang.

Senada, Bagas, petani sukses asal Teluknaga menambahkan, dirinya sangat bangga kepada Bupati Tangerang yang sangat peduli terhadap para petani di Kabupaten Tangerang ini.

“Seakan tak mengenal lelah, Bupati Tangerang sering kali meninjau ke sini. Kemarin beliau ke sini untuk melaksanakan panen sayur kangkung bersama teman-teman KNPI Kabupaten Tangerang,” bebernya.

Bagas melanjutkan, ada 30 jenis sayur-sayuran dan buah-buahan sebanyak 20 ton per bulan yang sudah diekspor ke Hong Kong.

“Semoga muda-mudi di Kabupaten Tangerang khususnya di Teluknaga tergerak dan dapat bersama-sama menjadi pengusaha sayur mayur,” paparnya. (rls/mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here