Home PENDIDIKAN UN Tingkat SD Digelar April

UN Tingkat SD Digelar April

0
SHARE
BERI ARAHAN: Kepala Disdikbud Kota Tangsel Taryono (tiga kanan) memberikan arahan kepada Kepala SDN di Restoran Saepisan BSD City, Serpong, Rabu (23/1). FOTO: Dindikbud for Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel mengumpulkan 157 kepala SDN se-Kota Tangsel. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tingkat SD.

Acara yang diadakan di Restoran Saeipsan BSD City, Serpong tersebut dipimpin Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Taryono.

Taryono mengatakan, USBN tingkat SD akan diadakan 22 sampai 24 April mendatang. “Kepala sekolah sengaja dikumpulkan agar tahapan, pelaksanaan USBN sampai penerbitan hasil ujian ini harus dilakukan sesuai aturan dan ketentuan yang ada,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (23/1).

Taryono menambahkan, dasarnya adalah prosedur operasional standar penyelenggaraan ujian sekolah berstandar nasional (POS USBN) tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan badan standar nasional pendidikan (BSNP).

Dalam mengahadapi USBN tingkat SD, persiapan yang dilakukan adalah kepala sekolah harus memverifikasi daftar nominatif tetap (DNT).

DNT tersebut berisi data peserta USBN sekolah dan harus diverifikasi betul karena dari jumlah dan data itu nanti penting untuk berapa banyak soal akan diperbanyak, berapa banyak ruangan yang harus disiapkan.

“Termasuk berapa banyak sertifikat hasil ujian akan diterbitkan. Ini penting sekali dan jangan anak yang seharusnya terdaftar tidak terdaftar dan sebaliknya,” jelasnya.

Selain itu, kepala sekolah juga harus memastikan jika pelaksaan USBN bisa dilakukan dengan baik dan normatif. Outputnya adalah sertifikat hasil ujiannya juga akuntabel dan jangan sampai bermasalah. “Prosesnya normatif, insya allah hasilnya bisa dipertanggung jawabkan,” ungkapnya.

Mantan Sekretaris Dishub Kota Tangsel tersebut menuturkan, kepala sekolah juga harus pastikan DNT itu baik, benar dan falid.

“Termasuk calon pengawas harus disiapkan, dan nantinya akan dilakukan pengawasan silang dan yang mengatur adalah Dinas. Eefektifnya satu ruangan ujian dengan dua pegawas atau guru,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here