Home TANGERANG HUB Setahun, Lima Orang Gila

Setahun, Lima Orang Gila

1
SHARE
JELASKAN: Kabid Rehabilitasi Dinas Sosial, Asep Sopari (kiri) didampingi stafnya menjelaskan peningkatan jumlah pengidap gangguan jiwa, Selasa (19/2). FOTO: Dwiki Darmawan/Tangerang Ekspres

SERPONG-Pada 2018 jumlah disabilitas jenis gangguan kejiwaan atau mental meningkat. Dalam setahun kemarin, data Dinas Sosial (Dinsos) Mencatat ada lima orang gila baru. Meski tak siginifikan ini menjadi perhatian khusus Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangsel.

Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial, Asep Sopari mengatakan, sejak 2017 terdapat peningkatan jumlah disabilitas. “Tercatat di 2017 sampai 2018 terdapat peningkatan jumlah penyandang disabilitas dari 345 orang ke 350 orang yang terbagi di lima jenis disabilitas,” ujarnya

Asep menambahkan, data terbaru di 2018 terjadi peningkatan jumlah pengidap gangguan jiwa di wilayah tangsel dari 61 orang ke 66 orang dalam kurun waktu satu tahun.

“Untuk data yang terkumpul di 2018, jenis gangguan mental sebesar 66 orang, tuna daksa 33 orang, tuna netra 86 orang, tuna rungu wicara 92 orang dan tuna grahita atau down syndrom sebanyak 73 orang tapi, yang jumlahnya terus meningkat adalah jenis gangguan mental,” tambahnya.

Asep juga menjelaskan, peningkatan tersebut diduga akibat gangguan mental yang terjadi karena permasalahan yang muncul di dalam ataupun di luar ruang lingkup keluarga.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here