Home BISNIS Hotel Sepi saat Ramadan, Siasati dengan Promo Buka Puasa

Hotel Sepi saat Ramadan, Siasati dengan Promo Buka Puasa

335
0
SHARE

Ramadan membuat okupansi hotel merosot. Hampir semua hotel berharap pendapatan terkerek dari penjualan paket berbuka puasa.  Director of Operation Platinum Hotel Indonesia Soegianto mengatakan, low season hotel biasanya terjadi di bulan Ramadan. Okupansi merosot karena masyarakat memilih fokus beribadah atau menghabiskan waktu di rumah.

“Biasanya saat Ramadan okupansi kami di angka 20-30 persen. Hari normal rata-rata 50-60 persen. Sebab, kebanyakan tamu hotel berasal dari acara atau meeting yang digelar di hotel. Orang yang berlibur sangat jarang,” ujarnya.

Selain itu, hotel juga cukup banyak. Karena itu, pelaku usaha perhotelan harus berbagi tamu.  “Mau tidak mau yang bisa dijual hanya paket food and beverage yang dikemas dalam paket buka puasa,” imbuhnya.

Pria yang hobi golf ini menambahkan, jika dibanding jualan kamar, jualan makanan memiliki untung yang sedikit. Bedanya sangat jauh. Pasalnya, bahan pokok untuk makanan cukup mahal. Belum lagi kuota yang disediakan terbatas.

“Di Ramadan kali ini kami memiliki paket Rp 139 ribu per orang. Konsep yang kami berikan all you can eat. Menunya setiap hari selalu ganti. Selain itu, kami terus menawarkan paket meeting dan berbuka puasa,” tuturnya.

Sementara itu, Public Relation Hotel Grand Tjokro Rani Neysa mengatakan hal yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here