Home TANGERANG HUB Transportasi Jamaah Haji Rp 1,25 Miliar, Berangkat Perdana 8 Juli

Transportasi Jamaah Haji Rp 1,25 Miliar, Berangkat Perdana 8 Juli

0
SHARE
MANASIK HAJI: Wakil Walikota Sachrudin menhadiri manasik haji tingkat kota di Masjid Al Azhom, Sabtu (22/6). FOTO: Humas

TANGERANG – Transportasi calon jamaah haji asal Kota Tangerang ditanggung Pemkot Tangerang. Mulai dari keberangkatan dari Masjid Raya Al Azhom ke Pondok Gede Jakarta  sampai penjemputan kembali sepulangnya beribadah dari tanah suci Mekkah.

Untuk biaya operasional transportasi, snack, nasi kotak serta akomodasi lainnya, Pemkot Tangerang  menganggarkan sebesar Rp 1,25 miliar. Bantuan dana dalam bentuk hibah itu diserahkan  kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

“Setiap tahun pemda memberikan hibah untuk calon jamaah haji, jadi antar jemputnya pasti dari Pemkot Tangerang,” kata Wakil Walikota Sachrudin saat menghadiri bimbingan manasik haji tingkat Kota Tangerang di Masjid Raya Al-Azhom, Sabtu (22/6).

Wakil menjelaskan, dengan adanya bantuan tersebut seluruh jamaah calon haji tak lagi dibebankan biaya operasional pemberangkatan dan penjemputan.

Ia berpesan kepada jamaah haji Kota Tangerang untuk selalu menjaga kesehatan mengingat ibadah haji termasuk ibadah fisik dan mental.

“Mudah-mudahan jamaah haji Indonesia khususnya Kota Tangerang selalu diberikan kesehatan, kemudahan, dan keselamatan. Mulai dari berangkat, di perjalanan saat melaksanakan ibadah sampai pulang kembali ke Kota Tangerang dan menjadi haji yang mabrur,” sebutnya.

Diketahui, tahun ini jamaah haji yang akan berangkat dari Kota Tangerang sebanyak 1.999 orang. Keberangkatan perdana akan dilaksanakan pada 8 Juli nanti secara bertahap di Masjid Raya Al Azhom. Kota Tangerang akan menjadi kloter keberangkatan pertama se-Banten dan kedua se-Indonesia.

Kementerian Agama Kota Tangerang sudah mempersiapkan pelayanan musim haji tahun ini. Termasuk para petugas haji yang akan bekerja melayani calon jamaah asal Kota Tangerang di Tanah Suci. Sedikitnya ada delapan petugas haji yang siap diberangkatkan.

Para petugas haji terdiri dari unsur guru, pengawas penghulu pada KUA dan staf kantor Kemenag. Dikatakan Dedi, para petugas haji ini sudah mendapatkan pendidikan dan pelatihan di Pondok Gede, Jakarta, selama beberapa hari.

“Ini bagian dari pelayanan kemenag setiap musim haji. Kita berangkatkan delapan petugas untuk mendampingi dan membimbing agar jamaah merasa nyaman, biar ibadahnya fokus,” kata Dedi Mahfudin, selaku Kepala Kemenag Kota Tangerang. (rls/abd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here