Home NASIONAL Presiden Pimpin Upacara Pemakaman, Warga Antre Berziarah ke Makam BJ Habibie

Presiden Pimpin Upacara Pemakaman, Warga Antre Berziarah ke Makam BJ Habibie

0
SHARE
PIMPIN PEMAKAMAN: Presiden Joko Widodo memimpin upacara pemakaman presiden ke 3 Bj. Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, (12/9). Upacara pemakaman ke dua anak Bj. Habibie memberikan simbolis dan penghormatan terakhir untuk ayah tercinta Alm. BJ. Habibie. FOTO: FAISAL R SYAM /FIN

JAKARTA. Presiden Joko Widodo menjadi inspektur dalam upacara pemakaman Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) siang.

Jenazah Habibie dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya oleh pasukan pengamanan presiden. Setelah itu, dibacakan biografi singkat terkait perjalanan karir hingga prestasi Habibie. Lalu Jokowi pun memimpin dimulainya upacara pemakaman. Sebagai inspektur upacara, Jokowi membacakan apel persada di depan pusara Habibie.

“Saya Presiden RI atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa jasa almarhum: nama Prof Ir Bacharudin Jusuf Habibie,” kata Jokowi.

Jokowi turut mendoakan agar Habibie dapat diterima di sisi-Nya. Setelah itu, jenazah Habibie diantarkan ke tempat peristirahatan terakhirnya. Presiden juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengucapkan terima kasih dan memberikan penghormatan yang tinggi atas darmabakti Almarhum B.J. kepada bangsa dan negara.

“Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan Almarhum, semoga Almarhum diterima dan diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT dan Husnul Khatimah, sesuai dengan amal, ibadah, perjuangan, dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara,” pinta Jokowi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para mantan presiden dan wakil presiden ikut hadir dalam upacara pemakaman ini. Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono hadir bersama kedua putranya Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Presiden kelima Megawati Soekarnoputri juga datang ke TMP Kalibata. Selain itu, istri Presiden keempat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, juga datang bersama kedua putrinya Yenny Wahid dan Anita Wahid.

Mantan wakil presiden Boediono, Try Sutrisno dan Hamzah Haz, juga tampak ikut melepas Habibie ke tempat peristirahatan terakhir. Selain itu, hadir juga para menteri, kepala lembaga, anggota DPR, hingga masyarakat umum.

Selain mantan Presiden dan Wakil Presiden, sejumlah pejabat mulai menteri kabinet Indonesia Kerja, kepala daerah, anggota DPR hingga duta besar negara sahabat menghadiri pemakaman Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie. Para menteri yang berdatangan antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sedangkan kepala daerah yang nampak hadir antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. “Beliau orang baik, orang demokrat sejati, pengabdian beliau untuk bangsa sangat besar,” ujar Luhut

Usai dimakamkan, warga mengantre untuk bisa berziarah ke makam Presiden ketiga RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan. Warga diperbolehkan masuk berziarah setelah upacara militer pemakaman Habibie selesai dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIB.

Wargapun berbondong-bondong mendatangi makam yang terletak di Blok M nomor 120. Tempat disamping makam Habibie terdapat makam ibu Hasri Ainun Habibie di nomor 121.

Warga dengan tertib menunggu antrean bergiliran untuk berdoa di depan makam Habibie. Ada yang berdoa secara mandiri ada juga yang dipandu oleh juru doa baik dari makam ataupun perwakilan keluarga. Selain berdoa warga juga mengabadikan momen dengan foto di depan nisan Habibie.

Hingga pukul 17.29 WIB, warga masih mendatangi makam Habibie untuk berdoa dan berfoto. Petugas makam sudah mulai menginformasikan kepada warga bahwa makam sudah ditutup, tapi warga masih ada yang bertahan untuk mendoakan Almarhum.

Walau sudah petang warga satu persatu masih berdatangan, ada yang membawa rangkaian bunga lalu menaruhnya di atas pusara. Ada juga warga yang menaruh kerta yang dilipat menyerupai pesawat di atas pusara.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden ketiga RI BJ Habibie wafat di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB diusianya ke-83 tahun. Setelah disemayamkan di rumah duka di Patra Kuningan, jenazah kemudian diberangkatkan pada Kamis siang.

Sepanjang perjalanan, masyarakat terlihat berbondong-bondong memberikan penghormatan terakhir untuk BJ Habibie. Upacara pemakaman di TMPNU Kalibata digelar secara militer, dengan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. BJ Habibie dimakamkan disamping makam sang istri, Ainun Habibie.(ktn.rep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here